Barsel

Terus Tingkatkan Pengembangkan Kolam Ikan

BUNTOK – Pengembangan kolam ikan masyarakat di tingkat desa dapat terus dikembangkan secara berkelanjutan di tahun 2021.

Ketua Komisi III DPRD Barsel H. Zainal Khairuddin menyebut pengembangan kolam ikan masyarakat desa itu dapat menjadi salah satu program dari seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) di wilayah Kabupaten Barsel.

“Pemdes dapat mengalokasikannya dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang setiap tahunnya dikucurkan oleh pemerintah,” kata Zainal Khairuddin, Minggu (27/06/2021).

Menurut Politisi dari PPP Barsel itu, program pengembangan kolam ikan masyarakat desa, dengan adanya pengembangan kolam ikan masyarakat desa itu, maka akan memberikan kontribusi baik bagi Pendapatan Asli Desa (PADes) maupun membantu pula dalam peningkatan ekonomi dari masyarakat desa itu sendiri.

“Sebaiknya pengembangan kolam ikan itu, bisa difokuskan pada desa-desa yang berada di wilayah pinggiran sungai Barito Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) III Barsel itu menyarankan,” ungkapnya.

Alaaannya, ini bisa menyesuaikan dengan kondisi desa yang letaknya berada di dataran rendah yakni di pesisir Sungai Barito.

Anggota Fraksi Nasdem Pembangunan Berkarya itu juga berharap, masyarakat  desa yang berada di pinggiran sungai dapat membentuk kelompok petani ikan atau kelompok nelayan, bahkan bisa pula membentuk koperasi guna mengelola dari pengembangan kolam ikan masyarakat itu. 

Tujuannya untuk memberikan kemudahan adanya bantuan benih ikan, dari pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi.

“Dinas terkait, diharapkan pula bisa membangun kerjasama dengan pengusaha ikan yang ada di daerah lain, kapan perlu dengan provinsi lain dalam hal penjualan hasil produksi ikan dari kolam ikan masyarakat desa tersebut,” pungkasnya.

 

 

(Altius/Jethro)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments