P. Raya

Tes Kesamaptaan Program Polri Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA - Tes Kesamaptaan Jasmani (Kesjas) kembali dilaksanakan oleh Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng pada periode Semester I Tahun 2023, yang dipelopori oleh satuan fungsi Bagian Sumber Daya Manusia (Bagsdm).

Tes Kesjas berlangsung seusai pelaksanaan apel pagi di Mapolresta Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut Km. 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, yang diikuti oleh puluhan orang personel kesatuan kepolisian tersebut, Jumat (10/3/2023) pagi.

Kabagsdm, Kompol Stevanus Tri Gatot yang turut memantau berlangsungnya kegiatan pun menjelaskan, Tes Kesamaptaan Jasmani tersebut merupakan salah satu Program Polri dalam hal mengembangkan kemampuan individu personel.

“Jadi tujuan Tes Kesamaptaan Jasmani ini adalah untuk menilai sejauh mana kemam-puan fisik dari masing-masing individu personel, yang selama ini secara rutin dilaksa-nakan secara berkala pada setiap semester pertahunya yang tentunya wajib diikuti oleh seluruh personel Polresta Palangka Raya sebagai salah satu syarat dalam memenuhi 13 aspek komponen penilaian kinerja anggota Polri, yakni dibidang kesehatan dan jasmani,” ungkap Kabagsdm.

Sebelum melaksanakan tes, para personel terlebih dahulu mengikuti pemeriksaan kesehatan dari Seksi Dokkes, yang meliputi pengecekan tekanan darah dan tensi, pengecekan suhu tubuh serta pengukuran berat dan tinggi badan.

“Dalam pelaksanaannya, setiap personel akan melaksanakan lari selama 12 Menit serta pull up untuk pria, chinning up untuk wanita, push up dan sit up selama 1 menit, yang kemudian dilanjutkan dengan shuttle run,” jelas Kompol Stevanus Tri Gatot.

Dirinya berharap, dengan dilaksanakannya tes tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh personel Polresta Palangka Raya dalam hal menjaga dan meningkatkan stamina serta kebugaran tubuh guna mendukung pelaksanaan tugas kepolisian sehari-hari.

“Sehingga para personel pun diharapkan memiliki fisik yang sehat, kuat dan bugar, serta hasil tes ini juga akan kita gunakan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan karier, baik itu promosi jabatan maupun kenaikan pangkat,” pungkasnya.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments