P. Raya

Tiga strategi Dorong Peningkatan Produksi Pertanian di Kalteng

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kembali berkomitmen untuk menjadi salah satu lumbung pangan nasional melalui program Upaya Khusus (Upsus) Optimasi Lahan dan Pompanisasi. Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Kegiatan Optimasi Lahan dan Pompanisasi di Provinsi Kalteng yang berlangsung pada Jumat (22/3/2024) di M Bahalap Hotel, Palangka Raya.

Menteri Pertanian, yang diwakili oleh Direktur Jenderal Perkebunan Kementan RI Andi Nur Alamsyah, menyoroti strategi yang dijalankan untuk menghadapi tantangan El Nino dan meningkatkan ketahanan pangan. Beliau menyebutkan tiga strategi yg sedang dilakukan yaitu peningkatan lahan pertanian, optimalisasi pompa dan penambahan areal tanaman baru melalui padi gogo pada lahan Perkebunan dengan focus utama pada lahan mineral dan rawa di Kalimantan Tengah menjadi salah satu Langkah yang akan diambil dalam memperbaiki saluran air dan membuat saluran baru agar lahan bisa mendapatkan pasokan air yang cukup

Diharapkan, pembuatan saluran air dan pintu air ini dapat membantu tata air mikro dan mendukung pertanian di daerah tersebut. Dengan demikian, Provinsi Kalimantan Tengah berupaya keras untuk memaksimalkan potensi pertaniannya dan berkontribusi dalam mencapai ketahanan pangan nasional.

(Hariri)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments