Kotim

Tingginya Tinggkat Penyandang Thalasemia di Kotim

Sampit- Thalasemia merupakan kelainan darah yang diturunkan yang disebabkan oleh kelainan Hemoglobin sehingga penderitanya mengalami anemia atau kurang darah.

Tingginya terjadinya peningkatan Thalasemia di Kotim Pemerintah Pusat melakukan pelantikan kepengurusan Perhimpunan Orang Tua Penyandang Thalasemia Indonesia (POPTI) Cabang Sampit.

Ketua POPTI Pusat Ruswandi melalui Sekretaris POPTI Bangkit Prayoga. Melakukan pelantikan Kepengurusan POPTI, Selasa, (06/12/2022}.

kepengurusan POPTI ini masa baktinya 3 tahun terhitung dari tanggal 5 Januari sampai 5 Januari 2025. Yang mana menurutnya "Mereka ini nantinya akan diberikan kewenangan untuk melakukan tindakan-tindakan guna mewujudkan pertimbangan terkait Thalasemia khususnya yang berada  wilayah Sampit," ujarnya.

Dengan adanya pelatihan tersebut POPTI berupaya untuk melakukan penanganan terhadap penyandang Thalasemia untuk agar dapat meringankan beban orang tua penyandang Thalasemia secara cepat dan efektif .

Menurutnya," Dengan adanya kesadaran  masyarakat yang peduli terhadap penyandang Thalasemia, seiring dengan berjalannya waktu  upaya meningkatkan penanganan dan pelayanan secara langsung bagi para penyandang Thalassemia di Sampit," ujarnya lagi.

Menurutnya “ Meskipun penyakit ini bisa dikatakan bukanlah penyakit menular, Llebih cenderung dikarenakan karena factor keturunan dan merupakan penyakit kelainan darah, karena itulah saya berharap dengan kepenguran POPTI ini secara Bersama sama dengan pemerintah bisa melaksanakan program program pencegahan dan tentunya pada akhirnya akan bisa menekan jumlah penderita penyakit ini, di Kabupatern Kotim," tutupnya.

(Putri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments