P. Raya

Tingkatkan Kualitas SDM, Rumah Sakit Bhayangkara Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

Rumah Sakit Bhayangkara  - Untuk membakali personel yang kompeten guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya Polda Kalimantan Tengah menggelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD).

Agenda pelatihan yang masuk dalam rangkaian persiapan akreditasi Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya menuju Paripurna tersebut diikuti sebanyak 244 personel, baik medis maupun non medis yang dibagi menjadi dua gelombang dan berlangsung selama 5 hari bertempat di Aula Gawi Hapakat Rumkit Bhayangkara setempat, Selasa (18 Oktober 2022) siang.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan melalui Bidang Urusan Pendidikan dan Penelitian (Urdiklit) Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya kali ini berfokus pada prosedur resusitasi jantung paru pada korban dewasa, anak-anak maupun balita. Peserta diajak untuk bisa memberikan pertolongan pertama pada orang yang mengalami serangan jantung atau gangguan pernapasan.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto melalui Kepala Urusan Pendidikan dan Penelitian (Ka. Urdiklit) menjelaskan In House Training ini bertujuan mempertahankan kehidupan saat penderita mengalami keadaan yang mengancam nyawa. Tindakan BHD diharapkan dapat membekali peserta jika mengalami situasi gawat darurat.

Sehingga semua tenaga kesehatan maupun non kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya harus punya kemampuan dalam bantuan hidup dasar ini.

“Kami berharap semua peserta dapat memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya dan mengaplikasikan pada kondisi-kondisi tertentu yang memerlukan penanganan darurat,” ujarnya.

Sementara itu dalam memberikan pelatihan tersebut, pihak Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya menghadirkan satu orang narasumber eksternal dari RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya dan dua orang narasumber internal dari Rumah sakit Bhayangkara setempat yang professional serta berpengalaman di bidang penanganan situasi gawat darurat. 

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments