P. Raya

Tingkatkan Profesionalisme Tenaga Perawat Dan Bidan, Rumah Sakit Bhayangkara Gelar Pelatihan Kredensial

Rumah Sakit Bhayangkara  - Salah satu tantangan instansi pelayanan kesehatan dewasa ini adalah meningkatnya tuntutan dan harapan terhadap pelayanan yang aman dan bermutu. Salah satu pilar utama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu adalah ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten.

Untuk itu, perlu bagi Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya mengukur dan memastikan kompetensi sumber daya manusianya. Hal ini menjadi penting terutama untuk tenaga keperawatan dan bidan yang menjadi ujung tombak rumah sakit dalam melayani pasien dan keluarganya.

Oleh karena itu, Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya melalui Bidang Urusan Pendidikan dan Penelitian (Urdiklit) dan Komite Keperawatannya melakukan pelatihan kredensial bagi para perawat bertempat di Aula Gawi Hapakat Rumkit Bhayangkara setempat, Rabu (14 September 2022) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya menghadirkan narasumber eksternal yakni Kepala Bidang Pelayanan Keperawatan Esti Krismiyatun, S.Kep.,Ns.,M.Kep., dan Bidan Ahli Madya Winarti Triwijayanti, S.SiT dari RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto melalui Ketua Komite Keperawatan Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Palangka Raya Penata Susanta Imelda, S.Kep.,Ners., mengatakan,  sebagai wadah non-struktural di rumah sakit, maka fungsi utama yang dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme tenaga keperawatan dan bidan, salah satunya melalui mekanisme kredensial, peragaan mutu profesi, dan pemeliharaan etika dan disiplin profesi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme tenaga keperawatan dan bidan serta mengatur tata kelola klinis yang baik agar mutu pelayanan keperawatan dan pelayanan kebidanan yang berorientasi pada keselamatan pasien lebih terjamin dan terlindungi,” tutur Imelda.

Dilanjutkan Imelda, Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara paripurna, dimana menyediakan berbagi pelayanan kesehatan mulai dari rawat inap, rawat jalan, gawat darurat dan lainnya.

Karena itulah, imbuhnya, pentingnya kegiatan assesmen kompetensi dan kredensial keperawatan dilakukan agar perawat dan bidan memahami kewenangan klinis dalam uraian intervensi pemberian secara kelayakan.

“Semoga kegiatan ini menjadi acuan untuk meningkatkan pelayanan kepada klien ataupun pasien. Hal ini juga sejalan dengan misi rumah sakit dalam memberikan pelayanan prima yang berbasis kepada profesionalisme,” pungkas Imelda. 

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments