Business

TNI Bina Masyarakat Tanggap Bencana

BARITO UTARA - Implementasi Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, Kodim 1013/Muara Teweh Kabupaten Barito Utara melaksanakan, kegiatan pembinaan masyarakat tanggap bencana. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru Kamis (23/9).

kegiatan tersebut di hadiri Komandan Kodim 1013/Mtw yang diwakili oleh Kasdim 1013/Mtw, Mayor Inf Mahsun Abadi, Kalak BPBD Barito Utara H Gazali Montallatua, Lurah Jambu Noorhan, Ketua MPA Kelurahan Jambu Bina Husada, marga masyarakat peduli api (MIPA), anggota kampung siaga bencana (AKSB) dan undangan lainnya.

Kasdim Mahsum Abadi menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Dalam salah satu pasalnya memuat tentang tugas deoperasi militer selain perang, di antaranya membantu tugas pemerintahan di daerah dan membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Kasdim Mahsun Abadi menyampaikan, "Negara kita Indonesia, di seluruh wilayah, berpotensi terjadi bencana dalam segala bentuk. Bahkan ada pernyataan kita ini ibarat sleeping with enemy, Maka perlu digugah dan diperkuat kesadaran kolektif masyarakat dalam menyikapi dan menghadapi bencana. Dalam konteks Barito Utara, bencana yang sering terjadi adalah banjir dan karhutla.

Sementara itu, Kalak BPBD Barito Utara H Gazali Montallatua dalam kesempatan yang sama menyatakan pihaknya sangat apresiasi terhadap upaya yang dilakukan Kodim 1013/Mtw menggelar kegiatan pembinaan ini

Gazali berharap kegiatan ini dapat menjadi media untuk meraih tujuan berupa, terbangunnya kesadaran bersama dalam menghadapi bencana. Tumbuhnya relawan yang tangguh di desa atau kelurahan, yang bisa menjadi partai kuat bagi BPBD, TNI, Polri dan stakeholder lainnya saat terjadi bencana.

Lebih lanjut Gazali mengatakan, terkait bencana non alam seperti COVID-19 dirinya minta kepada para relawan agar selalu mengikuti perkembangan norma penanganan di lingkungan masing-masing, serta terus menggencarkan pelaksanaan protokol Kesehatan.

Lurah Jambu, Norman mengapresiasi kegiatan tanggap darurat bencana yang di adakan tersebut, dan akan memanfaatkan semua fasilitas yang ada untuk kegiatan tanggapan darurat bencana.

 

(Mardedi/Syarbani)

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments