P. Raya

Travel Sepi Penumpang Namun 'Banjir' Paketan

PALANGKA RAYA - Pada masa pandemi ini jasa transportasi mengalami penurunan yang sangat drastis, sehingga berdampak pada keuntungan dan omzet yang diperoleh. 

Jika di tahun-tahun yang lalu pada hari biasa atau sebelum menjelang hari-hari raya besar pesanan tiket penumpang yang akan pergi keluar daerah untuk berlibur tinggi, kini hampir tidak ada. "Karena Covid-19, jarang orang pergi berlibur ke luar daerah,” terang Pajri pemilik jasa transportasi travel Sabtu 9 Oktober 2021 dini hari.

Menurutnya, penyebab sepinya penumpang selain takut terpapar Covid-19, mahalnya ongkos perjalanan terutama tarif travel itu sendiri. 

Pasalnya semenjak Covid-19, Pemerintah membuat kebijakan pembatasan jumlah penumpang. Jika sebelumnya dalam satu mobil dapat diisi 7 orang, kini hanya diisi 4 orang saja.

“Ongkos sekarang mengalami kenaikan menjadi Rp 150 ribu per orang untuk jurusan Palangka Raya ke Banjarmasin, kalau dulu cuma Rp 100 ribu saja,” tuturnya.

Biasanya menjelang tahun baru masyarakat Palangka Raya kebanyakan lebih tertarik pergi ke Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk berlibur. 

Saat ini tujuan ke wilayah tersebut juga sepi. Namun yang cukup ramai adalah paketan barang yang dikirim keluar daerah.“Biasanya masyarakat tujuannya ke Banjarmasin, mereka berlibur disana sebelum covid melanda tapi sekarang banyak paketan yang dikirim ke daerah, tiketnya sekarang Rp 300 ribu,” tambahnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments