P. Raya

UCI MTB Eliminator World Cup Seri Ke 8 di Palangka Raya Resmi dibuka Menpora RI

PALANGKA RAYA - Kejuaraan dunia balap sepeda gunung, Union Cycliste International Mountain Bike ( UCI MTB ) Eliminator World Cup 2022, seri ke-8 2022. Indonesia terpilih menjadi tuan pertama di Asia Tenggara. Acara ini digelar di kawasan stadion tuah pahoe, jalan tjilik riwut kilometer 5,  Kota Palangka Raya, Minggu 28 Agustus 2022 di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Mewakili Presiden RI, Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, secara langsung membuka ajang balap sepeda dunia ini dengan menandai pemukulan katambung bersama forkompinda kalteng.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pemuda Dan Olahraga RI, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas terselenggara-nya kejuaraan dunia balap sepeda gunung ini oleh pemerintah provinsi kalteng yang penyelenggaraanya sepenuhnya  berasal dari swadaya. Lebih lanjut Menteri Zainudin Amali menyebutkan, kejuaraan mtb ini salah satu kegiatannya yang termasuk dalam Desain Besar Olah Raga Nasional ( DBON ).

Semantara itu, usai penyelenggaraan kegiatan kejuaran dunia, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, mengatakan, atas terlaksananya ajang balap sepeda dunia ini, dirinya merasa bersyukur dan bahagia. Pihaknya optimis akan kembali menggelar kejuaraan yang sama, UCI MTB word cup di tahun 2023 mendatang. 

Pada kesempatan yang sama,sugianto sabran yang juga selaku ketua issi kalteng berharap dari kejuaraan ini akan lahirnya talenta-talenta yang menjadi pengisi tim atlet elite nasional yang diharapkan bisa lolos di kualifikasi olimpiade paris tahun 2024 mendatang di paris, perancis.

Untuk diketahui, dari hasil keseluruhan juara pada kategori elite man, juara pertama di menangkan oleh Quentin Schrotzenberger dari Perancis. Disusul posisi kedua oleh Simon Gegenheimer dari Jerman. Posisi ke tiga oleh Methasit Boosane dari Thailand. Posisi ke empat Riyadh Hakim Lukman dari Singapura dan posisi kelima Ihza Muhammad dari Indonesia.

Sedangkan dari kategori elite women, Marion Fromberger dari Jerman menjuarai posisi pertama.  Di susul posisi ke dua Warinthorn Phetpraphan dari Thailand, dan terakhir posisi ke tiga dari pembalap sepeda Indonesia, Ayu Triya Andriyana

(Surya Adi Winata)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments