Seruyan

UMKM Solusi Tersedianya Lapangan Kerja

KUALA PEMBUANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Bejo Riyanto mengatakan bahwa, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat membantu perekonomian masyarakat. Sebagi salah satu sektor penggerak ekonomi masarakat kecil dalam mengembangkan usahanya.

Dijelaskanya, hal tersebut bisa dilihat di lapangan bahwa sejauh ini sektor UMKM memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kesempatan kerja masyarakat. Di saat masih sulitnya lapangan pekerjaan didapatkan sektor UMKM bisa jadi solusi bagi pengembangan usaha masyarakat sehingga tetap berjalan dalam pemenuhan ekonomi keluarga.

“Seperti kita ketahui bahwa melalui sektor ini masyarakat tumbuh dan bersaing, dalam pemernuhan ekonomi keluarga. Terkadang memang masih terdapat kendala dalam pengembanganya namun sektor UMKM sudah nyata dapat menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi di daerah,” katanya Selasa 28/3/2023.

Tentunya dengan melihat peran UMKM yang sangat penting terhadap pergerakan roda perekonomian masyarakat, hal itu harus menjadi perhatian pemerintah setempat agar sektor tersebut bisa tetap berjalan optimal.

Disamping itu, peran UMKM dinilai masih jadi solusi dalam penyerapan tenaga kerja, sehingga aktifitas masarakat dalam pemenuhan ekonomi rumah tangga masih dapat terbantu, walau masih dengan kondisi secukupnya namun sangat di rasakan manfaatnya. Oleh karena itu pihaknya mendorong agar pemerintah daerah bisa membantu para pelaku UMKM dengan kebijakan yang tepat.

“Kalau nantinya produk-produk UMKM ini bisa tersebar dan terkenal luas di pasaran baik lokal maupun luar daerah, tentunya akan memberikan dampak tersendiri terhadap Kabupaten Seruyan, dan juga para pelaku UMKM itu sendiri dapat menikmati hasil kerjanya secara maksimal,” tandasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments