Barsel

Upaya pelestarian ikan gurami dan Nila Merah, Pemkab Barsel siap lepaskan 20.000 bibit  di perairan

Buntok - Berbagai jenis ikan akan dilepasliarkan di perairan sungai dan di antaranya ikan gurami  dan Nila merah yang saat ini mulai  sulit ditemukan di beberapa perairan di Barsel.

Melalui DKPPP akan melepaskan sebanyak 20 ribu benih ikan gurami dan nila merah ke perairan.

Ida Safitri selaku Direktur DKPPP Barsel mengatakan, “Pembibitan ikan di perairan tersebut merupakan upaya pelestarian jenis ikan agar tidak terjadi kelangkaan dipasaran,” ujarnya Rabu, (16/02/2022).

Selanjutnya untuk menghindari terjadi nya kelangkaan, pihaknya pada tahun 2022 ini akan melakukan restocking dari jenis-jenis ikan tersebut  termasuk juga jenis ikan Nila merah. Jenis ikan ini juga akan dilepasliarkan pada beberapa perairan di Kabupaten Barito Selatan tentunya.

Ia menambahkan, “Beberapa stok yang ditambah seperti ini rutin kami lakukan setiap tahun dan stok ikan yang ditebar di beberapa perairan Kabupaten Barito Selatan setiap tahunnya berbeda-beda pula jenisnya,” ujarnya.

Harpannya, semua hal yang dilakukan ini semoga akan  dapat meningkatkan populasi ikan, khususnya ikan gurami di perairan Barito Selatan khususnya.

Selanjutnya ia menambahkan “Bantuan sarana budidaya ikan akan diberikan di Kabupaten Dusun Selatan, dan bantuan alat tangkap akan disalurkan di Kabupaten Dusun Hilir. Sedangkan bantuan berupa mesin akan diberikan di Kecamatan Karau Kuala dan Dusun Kabupaten Utara yang ada,” tutupnya.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments