P. Pisau

Upaya Peningkatan Populasi Ikan Air Tawar Di Pulang Pisau

Pulang Pisau - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pulang Pisau akan memperluas kampung budidaya ikan di wilayah setempat. Dalam upaya meningkatkan populasi ikan air tawar agar bisa mencegah kelangkaan dan memicu naiknya perekonomian di masyarakat.

Pada saat diwawancarai pihak media, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Rianto mengatakan. 

" Upaya ini kami lakukan tidak lebih dengan tujuan meningkatkan populasi ikan air tawar agar tidak langka dipasaran melalui perluasan budidaya ikan,"  semoga nantinya bisa menambah menaikkan pendapatan perekonomian masyarakat”,  ungkapnya.

Untuk saat ini ada dua kecamatan yang direncanakan menjadi tempat budidaya ikan air tawar, yaitu Desa Mentaren II Kecamatan Kahayan Hilir dan Desa Gadabung Kecamatan Pandih Batu dengan jenis ikan yang di budidaya seperti ikan patin, papuyu, dan nila.

Pengembangan budidaya ikan ini adalah salah satu program kerja Dinas Perikanan. "Tujuannya adalah untuk memperkuat kembali ketahanan pangan masyarakat melalui budidaya ikan air tawar yang ada di Kabupaten Pulang Pisau," ujarnya lanjut. 

Ia mengakui, beberapa faktor yang mengakibatkan berkurangnya populasi ikan itu sendiri, diakibatkan  ulah manusia maupun faktor alam lainnya, sehingga harus ada upaya yang dilakukan dengan cara di budidayakan.

Ia berharap, untuk kedepannya perencanaan ini dapat berjalan sesuai harapan dengan memperluas kembali kampung budidaya ikan di beberapa daerah lagi, meskipun waktu dan tempat nanti akan ditinjau lagi.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments