P. Raya

Wahid Yusuf  : Cagar Budaya Perlu Dilindungi Payung Hukum

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya Wahid Yusuf mengatakan, cagar budaya yang ada di wilayah setempat perlu secepatnya dilindungi payung hukum. Untuk itu pentingnya pemerintah kota setempat melalui dinas terkait mengoptimalkan pendataan.

“Langkah konkret dilakukannya pendataan cagar budaya itu yakni mewujudkan payung hukum guna memperkuat upaya pelestarian dan melindungi keberadaan cagar budaya itu sendiri,” katanya, Senin, 15 Mei 2023.

Wahid mencontohkan cagar budaya Batu Banama di Tangkiling Kecamatan Bukit Batu, lalu Sapundu di Kecamatan Rakumpit serta cagar budaya lainnya yang tersebar di Kota Palangka Raya, memerlukan perlindungan dan harus dijaga dengan payung hukum.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, pentingnya pendataan cagar budaya ini selain menjadi dasar dibuatnya payung hukum, di satu sisi semua cagar budaya harus menjadi aset daerah yang harus dilindungi

Terutama menjadi wisata budaya dan wisata sejarah yang mampu berkontribusi bagi pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat sekitar cagar budaya. Karena itulah cagar budaya harus dijaga dan dipelihara dengan tidak menghilangkan keasliannya. Sementara perlunya payung hukum bertujuan melindungi cagar budaya dari penggusuran, perusakan, pencurian dan lain-lain.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments