P. Raya

Wakil Gubernur Berkunjung ke Provinsi Lampung

PALANGKA RAYA - H. Edy Pratowo mengunjungi Provinsi Lampung dalam rangka mempelajari pengembangan produksi tanaman pangan khususnya jagung dan tanaman hortikultura mulai hulu sampai hilirisasinya. Kunjungan Wagub beserta rombongan diterima secara langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan jajarannya di Mahan Agung, Rujab Gubernur Lampung, Senin (19/2/2024).

Wakil Gubernur Edy Pratowo mengutarakan bahwasannya Kalteng memiliki potensi yang luar biasa. Kalteng memiliki potensi memproduksi komoditas tanaman pangan khususnya padi, jagung dan kedelai, serta komoditas hortikultura yang meliputi pisang, jeruk, nanas, buah naga, dan lainnya. Edy berharap Provinsi Kalteng ke depan mampu menjadi daerah penyangga pangan, termasuk menjadi pendukung utama bagi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dijelaskan Wagub sejak tahun 2023, Gubernur Kalteng telah mulai membangun Close House atau apartemen ayam dan membangun pabrik pengolahan pakan. Selain itu di sektor perberasan, tahun 2024 ini mulai dibangun 2 unit pabrik pengolahan, yaitu Rice to Rice dan Rice Milling Plant. Sedangkan untuk bidang hortikultura, juga akan mulai dibangun Green House Smart Farming.

Untuk itulah, kami melaksanakan kunjungan kerja ini dengan tujuan dan maksud yang baik, yakni untuk menimba ilmu dan pengalaman di Provinsi Lampung, yang kami nilai telah sukses dalam menerapkan hilirisasi pertanian,”jelas Wagub. Di tempat yang sama, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyambut baik langkah Pemerintah provinsi Kalteng dan membuka lebar kerjasama yang baik di masa depan.

Sekarang ini, pembangunan perekonomian daerah tidak bisa lagi dilakukan sendiri-sendiri. Antar-daerah harus saling berkolaborasi, membangun jaringan, sharing teknologi dan pembelajaran, berbagi pengalaman, juga bersama-sama mendorong daya saing daerah, yang potensinya tentu beragam antara satu daerah dengan daerah lain”, ucap Arinal. Melalui kunjungan seperti ini, bisa kita jajaki bersama bentuk-bentuk sinergi dan kolaborasi yang kongkret, dengan harapan dalam rangka membangun perekonomian daerah,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Arinal mempersilakan Wagub untuk berkunjung ke sejumlah lokasi guna melihat secara langsung pengolahan komoditas unggulan Lampung antara lain pengolahan feedmill atau pakan ternak di PT. Cheiljedang Feed Lampung dan pengolahan ethanol di PT. Indonesia Ethanol Industry.

Sebagaimana diketahui, Provinsi Lampung sendiri dikenal memiliki komoditas unggulan yang sebagian menopang produksi nasional dan ekspor. Komoditas itu antara lain di sektor pertanian padi, jagung, singkong dan pisang. Lampung juga memiliki beberapa pabrik pengolahan jagung berskala besar.Di samping itu komoditas perkebunan seperti nanas, lada, kakao, tebu, kopi, karet dan kelapa. Selanjutnya sektor peternakan dan perikanan serta energi geothermal juga memberikan kontribusi nasional.

Kunjungan kerja Wagub Edy Pratowo didampingi antara lain Kepala Bappedalitbang Leonard S. Ampung, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikuktura dan Peternakan Sunarti, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aster Bonawaty, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Norhani dan Kepala Biro Ekonomi Setda Provinsi Kalteng Said Salim. 

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments