P. Raya

Wakil Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya Mendorong Kewaspadaan Terhadap Potensi Karhutla

PALANGKA RAYA - Ruselita selaku Wakil Ketua I Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, telah mengingatkan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk tetap waspada terhadap potensi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah tersebut.

 Kekhawatirannya didasarkan pada informasi yang diterima dari Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Kota Palangka Raya. Menurut laporan tersebut, Kota Palangka Raya tidak termasuk dalam daerah yang berpotensi hujan dalam minggu ini.

Dari pantauan yang ada dilapangan selama tiga hari terakhir, cuaca di Kota ini telah sangat panas dan terik, yang menyebabkan suhu di Kota Palangka Raya mencapai 34 derajat Celsius, mencapai puncaknya.

Ujarnya pada Selasa 03/01/2023, "Kita perlu waspada karena cuaca yang sangat panas ini bisa membuat lahan di Kota Palangka Raya menjadi kering, dan potensi Karhutla bisa sangat mungkin terjadi. Kita harus mengantisipasi ini,".

Ia mengajukan permintaan kepada para camat, lurah, dan Satuan Tugas (Satgas) Karhutla Kota Palangka Raya untuk secara rutin memantau kondisi lahan. Terutama, perhatian khusus perlu diberikan pada lahan-lahan yang berada di Kecamatan Jekan Raya dan Sebangau, yang dalam periode terakhir sering terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Pesan dari Ruselita mencerminkan kepeduliannya terhadap keberlanjutan lingkungan dan keselamatan masyarakat. Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, potensi Karhutla dapat diminimalkan dan keamanan lingkungan serta kesejahteraan warga dapat lebih terjaga.

 

(Deddi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments