P. Raya

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng : Kinerja Inspektorat di Kalteng Dalam Hal Pengawasan Masih Lemah

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng Kuwu Senilawati menilai kinerja inspektorat di Kalteng baik itu provinsi, kabupaten dan kota dalam hal pengawasan masih lemah. Kuwu pun mempertanyakan hal tersebut, sebab inspektorat salah satu tugas dan fungsinya yaitu membantu kepala daerah untuk membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan.

"Misalnya saja mengawasi dalam hal penggunaan dana BOS, harusnya ada peran inspektorat melakukan pengawasan sehingga penyalahgunaan tidak terjadi," katanya, Rabu 3 Juli 2024.

Kuwu menuturkan, inspektorat merupakan garda terdepan pemerintah dalam melakukan penyelidikan terhadap penyelewangan, namun selama ini yang terjadi dari laporan yang kerap diterima selalu baik-baik saja.

Menyikapi persoalan terkait temuan Kalteng masuk 3 besar penyalahgunaan dana BOS teratas, Kuwu beranggapan inspektorat sudah tidak berfungsi dalam hal melakukan pengawasan. Di sisi lain, Kuwu mengungkapkan bahwa pengelola dana BOS ini di sekolah yakni Kepala Sekolah, sehingga ia menilai sangat riskan untuk disalahgunakan, sehingga dalam hal pengawasan perlu sinergi antara semua pihak.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments