Katingan

Warga Diminta Waspada Terutama pada Orang Tak Dikenal

KATINGAN – Kasus pencurian di wilayah Kasongan, kembali marak terjadi, sehingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan minta masyarakat tetap waspada terutama bagi orang yang tak dikenal.

Sugianto Anggota DPRD Kabupaten Katingan mengatakan, aksi pencurian pompa PDAM Katingan, pencurian walet dan sebagainya, menunjukan, aksi pencurian sedang marak terjadi, sehingga masyarakat harus waspada.

”Aksi pencurian yang kerap kali merugikan masyarakat. Bahkan, membuat kecemasan dan rasa takut masyarakat, perlu disikapi terutama pihak keamanan, namun demikian peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan masing-masing perlu ditingkatkan,” ungkapnya, Kamis (3/3/2022).

Ia mengingatkan agar masyarakat dapat mengaktifkan kembali pos keamanan lingkungan. Warga yang berjaga poskamling ini bisa berjaga secara bergiliran.

“Contohnya warga yang terdiri tiga hingga lima orang bisa berjaga secara bergantian. Sedangkan waktu menjaga diatur secara tentatif. Pengamanan melalui pos kamling dapat menekan terjadinya aksi pencurian,“ jelasnya.

Politisi Partai PKB ini menyebutkan, dengan cara jaga ronda malam dapat berdampak positif bagi keamanan pemukiman warga. Terlebih ketika ada orang asing yang baru dikenal dan masuk ke komplek perumahan bisa diketahui.

” Saya juga mengajak masyarakat untuk bersinergi dengan jajaran kepolisian. Sehingga, jika terjadi hal-hal yang mencurigakan dapat ditindaklanjuti dengan oleh pihak kepolisian,” tandasnya.

(Nofriyanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments