Kalteng

Warga SHT Harapkan Bantuan Kesehatan Ternak

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto

KUALA PEMBUANG - Menyikapi keluhan masyarakat tentang Permasalahan ternak yang berada di wilayah Kecamatan Seruyan Hilir Timur (SHT) selama memasuki musim hujan ini, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto, berharap kepada pemerintah daerah  melalui dinas terkait agar bisa melakukan penanganan serta membantu permasalah yang mereka alami.

Menurutnya selama memasuki musim hujan, banyak para peternak mengeluh tentang kesehatan ternaknya. Hal ini menurutnya harus segera ditanggapi secara serius oleh dinas terkait, sebab ternak sebagian besar merupakan sumber usaha masuarakat di wilayah kecamatan SHT.

"Kami di komisi I (satu) yang juga merupakan mitra kerja di wilayah Kecamatan Seruyan Hilir Timur, berharap pada dinas yang menangani pertenakan agar bisa menanggapi keluhan dari masyarakat tentang kesehatan ternaknya, saat kami melakukan reses beberapa waktu yang lalu, banyak masyarakat menyampaikan pada kami, bahwa saat ini mereka sangat membutuhkan petugas kesehatan yang bisa menangani permasalahan terkait ternaknya, hendaknya ini menjadi bisa segera diberikan solusi agar masyarakat merasa terbantu," ujarnya, Kamis (06/01/2022) 

Menurutnya permasalahan kesehatan ternak di wilayah Kecamatan Seruyan Hilir Timur, perlu ditingkatkan penanganannya karena sebagian besar masyarakatnya di sana merupakan peternak, baik peternak sapi atau kambing, yang ternaknya rentan terkena pentakit, apa lagi di musim hujan sangat butuh perhatian kusus.

"Saya berharap agar petugas Kesehatan Hewan (Keswan) bisa melakukan pemantauan ke kandang peternak, terutama peternak kambing yang sangat rentan terkena penyakit di musim hujan ini, seperti gatal atau koreng, yang sangat mengganggu bahkan sering ternaknya mati. Maka dari itu hendaknya pihak dari keswan bisa membantu dengan memberikan penyuluhan bagai mana penangan ternak, agar kejadin tersebut bisa di atasi," paparnya. 

Dia berharap dengan memberikan penanganan yang cepat dan tepat diharapkan bisa meningkatkan hasil dari peternak tersebut. Karena perternakan merupakan salah satu sumber usaha dari masarakat, maka perhatian dari pemerintah daerah sangat dibutuhkan. Terutama bagi perkembangan usaha dari peternak tersebut, baik dengan memberikan bantuan berupa, obat-obatan ataupun memberikan bantuan ternak, sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah bagi kesejahteraan para peternak yang berada di Kabupaten Seruyan.

 

(Giya/Altius)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments