Barsel

Workshop Peningkatan Kompetensi Bagi 106 PPL Se Barito Selatan

BUNTOK - Para Penyululuh Pertanian Lapangan atau PPL di Kabupaten Barito Selatan, wajib memberikan pembinaan sebelum masa tanam hingga akhir masa panen.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat Bupati Kabupaten Barito Selatan Deddy Winarwan, usai membuka secara resmi kegiatan WORKSHOP peningkatan kompetensi, bagi 106 PPL se Barito Selatan, di Hotel Afiat Buntok, pembukaan itu ditandai dengan penyematan tanda peserta WORKSHOP, selain itu juga pemberian uang transport secara simbolis yang diserahkan oleh Penjabat Bupati dan Sekretaris Daerah Barito Selatan Edi Purwanto.

Lebih lanjut Deddy Winarwan mengatakan, penyuluh pertanian merupakan mitra petani sebagai garda terdepan dalam pembangunan pertanian, PPL dituntut untuk memfasilitasi proses pembelajaran petani sampai terwujudnya kesediaan dan kemampuan petani, selain itu juga mendampingi petani dalam memastikan penerapan teknologi pertanian yang dapat meningkatkan produksi pertanian tersebut.

Dalam kesempatan itu Penjabat Bupati juga mengharapkan kepada para penyuluh agar mampu menjadi aparatur pertanian yang professional, serta merespon dalam setiap melaksanakan tugas, tak hanya itu PPL supaya dapat memberikan solusI setiap permasalahan yang dihadapi para petani diwilayahnya masing-masing.

Penjabat Bupati juga mengharapkan, melalui kegiatan itu  dapat menggerakan para penyuluh pertanian di lapangan dalam mengawal dan mendampingi petani dalam meningkatkan produktivitas tujuh komoditas pangan strategias nasional, yakni Padi, Jagung, Kedelai, Tebu dan Daging.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan, Ida Safitri menuturkan, kegiatan itu diikuti sebanyak 106 PPL Sebarito Selatan yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta sektor pertanian dalam pembangunan nasional.

Kegiatan itu diisi dengan rembuk pertanian skala local, mendatangkan nara sumber dari balai pertanian banjar baru Kalimantan Selatan serta dari dinas pertanian Provinsi Kalimantan Tengah.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments