P. Raya

Achmad Rasyid Usul Grand Design di Wilayah DAS Barito

PALANGKA RAYA - Anggota DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mengungkapkan pihaknya memiliki wacana serta usulan terkait grand design khususnya di wilayah DAS Barito.

Usulan itu nantinya akan dimasukan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kalteng, dan usulan grand design ini yakni berkaitan dengan pemanfaatan potensi wilayah yang ada di DAS Barito.

"Karena kita melihat di sejumlah daerah khususnya wikalayah DAS Barito masing-masing memiliki potensi. Misalnya dalam grand desing ini Kabupaten Barito Selatan dan Barito Utara difokuskan untuk pengembangan sektor perikanan dan pertanian," ujarnya, Kamis, 10 Agustus 2023.

Sedangkan, lanjutnya Kabupaten Barito Timur dan Murung Raya difokuskan pada pengembangan sektor peternakan dan perkebunan hortikultura. Sehingga, setiap potensi yang ada di wilayah tersebut bisa dikembangkan secara optimal.

Rasyid mengatakan, selain mengoptimalkan potensi adanya grand design ini juga untuk memudahkan pemda baik kabupaten dan kota terutama Pemprov Kalteng melaksanakan program atau kegiatan serta penyaluran bantuan.

Menurut Rasyid, untuk menjadi provinsi penyangga pastinya tidak akan mampu terwujud jika hanya mengandalkan satu atau dua daerah saja, akan tetapi setiap daerah yang memiliki potensi pengembangan sektor-sektor strategisnya harus dimaksimalkan.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments