P. Raya

Andayani : Penanganan Stunting harus komprehensif

Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Andayani menyebut dalam upaya penanganan stunting diperlukan langkah strategis yang komprehensif dari pemerintah khususnya daerah di Kalteng.

Sebab, menurutnya apabila penanganan yang dilakukan tidak efektif dan tidak memiliki langkah strategis terlebih untuk penanganan di wilayah pelosok, maka kasus stunting akan sulit ditekan dengan maksimal.

"Langkah strategis harus dilkukan, memgingat stunting di Kalteng masih terjadi. Kasus ini harus dapat ditekan semaksimal mungkin supaya persentase stunting berkurang bahkan tidak ada lagi terjadi di Kalteng," ujarnya, Senin, 2 Oktober 2023.

Ia megatakan, yang terpenting dalam penanganan stunting ini yaitu meningkatkan akses anak-anak terhadap makanan bergizi, terutama dalam 1.000 hari pertama kehidupan, sebab gizi inting penting untuk menekan kasus stunting.

Selain itu, akses kesehatan bagi masyarakat juga terutana pelayanan agar lebih ditingkatkan lagi terutama untuk wilayah pelosok yang minim sarana dan prasarana kesehatan serta keberadaan tenaga kesehatannya.

Di sisi lain, dalam menangani stunting ini tidak hanya tugas pemerintah saja akan tetapi diperlukan kerja sama antar sektor baik swasta, organisasi non-pemerintah, maupun masyarakat.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments