Kalteng

Antisipasi musibah kebakaran Dewan sarankan Pemdes manfaatkan Dasa  Desa Untuk Fokus Pengadaan Alat Pemadam

PURUK CAHU – Rahmat Hidayat selaku Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya, mengusulkan pemanfaatan dana desa untuk pengadaan alat pemadam kebakaran di tingkat desa. Langkah ini diambil sebagai langkah preventif untuk mengatasi risiko kebakaran yang dapat menimbulkan kerugian materi dan hilangnya nyawa.

Ia berpendapatt bahwa pemerintah desa seharusnya menyertakan pengadaan peralatan pemadam kebakaran dalam usulan dana desa. Katanya kita mengantisipasi agar tidak terjadi kesalahan seperti sebelumnya.

Pengadaan peralatan ini, menurut Hidayat, harus mempertimbangkan fakta bahwa beberapa titik di desa sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran. Ia menegaskan pentingnya mengantisipasi kemungkinan bencana dengan kesiapan peralatan yang memadai. "Kebakaran menjadi perhatian khusus dari pemerintah, dan kita tidak boleh meremehkan hal ini," tambahnya.

Selain itu, kondisi daerah yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau membuat langkah preventif semakin penting. Upaya pencegahan dan penanggulangan harus dimulai sedini mungkin, dengan pembentukan tim tanggap bencana dan ketersediaan peralatan yang memadai.

Sudah saatnya pemerintah desa perlu bertindak proaktif dan tidak hanya bergantung pada pemerintah kabupaten saja, karena bagaimanapun semakin cepat mengantisipasi maka akan semakin mengurangi dampak resiko yang akan terjadi.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments