P. Raya

Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Mengadakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tahun 2023

PALANGKA RAYA - Pelatihan Guru Utama Revitalisasi Bahasa Daerah telah selesai dilaksanakan. Tiba pada rangkaian akhir kegiatan yaitu kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI). Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 bahasa Melayu Dialek Kotawaringin digelar oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) ini dilaksanakan di Hotel Arsela, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat pada tanggal 7 s.d. 9 November 2023 yang diikuti oleh Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau, dan Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai tuan rumah. Dalam kegiatan ini ada 6 cabang lomba, yaitu Lomba Seloka, Mendongeng, Menulis Cerpen, Menulis Puisi, Komedi Tunggal dan Pidato untuk tingkat SD dan SLTP.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, Drs. Tengku Alisyahbana, M.Si., Dalam sambutannya beliau mengatakan, bahwa revitalisasi bahasa daerah penting untuk dilakukan demi menempatkan kembali bahasa daerah di ranah yang semestinya, juga sebagai promosi kepada generasi muda.

Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) ini diikuti lebih dari 72 peserta lomba tingkat SD dan SLTP. Para siswa inilah nantinya yang akan menjadi tunas-tunas baru penutur bahasa Melayu Dialek Kotawaringin. 

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments