P. Raya

Bangun Sinergitas Bidang Perikanan, Dislutkan Kalteng Terima Kunjungan Diskannak Bartim

PALANGKA RAYA – Dalam rangka membangun perekonomian bidang perikanan maka diperlukan sinkronisasi dan akselerasi program kerja guna mencapai hasil maksimal. 

Seperti yang tengah di lakukan Diskannak Bartim dalam upaya membangun sektor perikanan di perairan air tawar terutama di bendungan air.

Dikutip dari laman, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng H. Darliansjah menerima kedatangan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Barito Timur (Kab. Bartim) Mishael beserta rombongan di ruang kerjanya, Jumat 8 April 2022.

Kedatangan Kepala Diskannak Kabupaten Bartim ini, dalam rangka konsultasi dan koordinasi pengembangan sektor perikanan di Kabupaten Bartim, khususnya di Bendungan Karau.

Pada kesempatan ini, Kadislutkan Provinsi Kalteng yang didampingi oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap H. Arief Rakhman F. dan Kasubag Penyusunan Program (Perencana Ahli Muda) Nita Fera sangat mengapresiasi komitmen Kepala Diskannak Kabupaten Bartim dalam pembangunan kelautan dan perikanan.

 “Dalam membangun kelautan dan perikanan ini setiap program yang ingin dilakukan harus terukur dan dibuat rincian program dan kegiatannya secara jelas dan terperinci sehingga percepatan pembangunan kelautan dan perikanan dapat terlaksana dengan optimal.” kata Darli

Kepala Diskannak Kabupaten Bartim yang didampingi Kabid Perikanan Noveta Wijanti dan Kepala Subbag Perencanaan dan Program Ahiniati menyampaikan bahwa kunjungan yang dilakukannya bersama rombongan ini merupakan bentuk koordinasi pengembangan dan pengelolaan kawasan perikanan yang terdapat di Kabupaten Bartim.

Mendengar penjelasan Kepala Diskannak Kabupaten Bartim, Kadislutkan Provinsi Kalteng Darliansjah menjelaskan dalam menangani pengelolaan Bendungan Karau ini perlu segera dilakukan survei awal dengan mengecek kualitas air di bendungan tersebut serta mengecek jenis ikan yang berpotensi untuk dibudidayakan di kawasan Bendungan Karau. Langkah selanjutnya, membuat konsep pengembangannya serta mengajukan proposal ke Pemerintah Provinsi Kalteng untuk dapat ditindaklanjuti.

“Pada dasarnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah siap mendukung komitmen dari Kepala Daerah di Kabupaten terutama dalam pengembangan sektor perikanan dan sesuai arahan Bapak Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bahwa untuk pengajuan pengembangan sektor ini agar dapat segera membuat DED (Detail Engineering Design).

Sedangkan untuk pengusulan kegiatan DAK harus tetap sinergis dengan tema kegiatan yang ada di provinsi sehingga sangat diperlukan untuk saling berkoordinasi dalam menyinergiskan program dan kegiatan agar program dan kegiatan daerah dapat berjalan optimal,” terang Darliansjah.

Di akhir pertemuan, Darliansjah kembali mengingatkan agar Diskannak Kabupaten Bartim dapat berperan aktif dalam melakukan pemetaan ikan lokal yang potensial untuk diekspor. Selain itu, memberikan motivasi kepada para pelaku usaha untuk mengekspor produk perikanan lokal yang memiliki nilai tambah dan berdaya saing ke pasar global.


(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments