P. Raya

Bank Kalteng Telah Cetak 2.500 Kartu ATM Eksklusif Khusus Penerima Beasiswa "TABE BERKAH."

PALANGKA RAYA - Dalam pertemuan pada hari Rabu, 3 April 2024, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Muhammad Reza Prabowo,  menyampaikan rasa terima kasih kepada Dirut Bank Kalteng Marzuki  yang telah mencetak 2.500 kartu ATM untuk penyaluran beasiswa TABE Berkah. Pertemuan tersebut, berlangsung di ruang Dirut Bank Kalteng, menandai tonggak penting dalam membantu mahasiswa di seluruh Kalteng, berkat inisiatif Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran.

"Kartu ATM ini, khusus untuk penerima TABE, menjadi tanda penghargaan dari Gubernur Sugianto Sabran. Kartu ini limited edition cuma penerima TABE yang menerima. Hal ini juga merupakan hadiah dan kenang-kenangan dari Gubernur Kalteng, dimana Sugianto Sabran telah menggelontorkan dana tidak sedikit. Mungkin saat ini Indonesia untuk kalangan level S1 paling tinggi se-Indonesia total 153 Milyar," jelas Reza.

Lebih lanjut M. Reza Prabowo menyampaikan, optimisme mengenai peningkatan potensi program beasiswa di masa depan, bergantung pada dukungan berkelanjutan dari pemerintah provinsi dan peningkatan pendapatan dari anggaran daerah.

"Insya Allah kalau dievaluasi  ini berjalan dengan baik dan APBD Kalteng PAD-nya terus meningkat, insya Allah akan ditingkatkan dari 7 juta setengah ditingkatkan lebih besar lagi, mudah-mudahan bisa di tahap keduanya atau tahap ketiganya. Tapi kita masih menunggu keputusan dan kebijakan dari  Gubernur mudah-mudahan apa yang telah direncanakan semua bisa sesuai dengan rencana," imbuh Reza.

Sebagai tanggapan, Dirut Bank Kalteng, Marzuki menyoroti fleksibilitas kartu ATM tersebut, menjelaskan kompatibilitasnya dengan jaringan nasional GPN, memastikan aksesibilitas diberbagai merchant di luar layanan Bank Kalteng.

"Untuk kartu ini, sama seperti kartu ATM yang lain seperti Taheta yang kita miliki, didukung oleh GPN. Jadi sudah izin dari Bank Indonesia, ini bisa digunakan di semua merchant yang terdaftar GPN, jadi mau edisinya ada di konter ataupun di ATM Bank manapun kalau ada tulisan GPN berarti bisa dipakai, jadi tidak hanya bisa di Bank Kalteng saja," jelasnya.

Dengan tantangan logistik yang diatasi melalui koordinasi efisien bank, partai awal 2.500 kartu dengan cepat diangkut dari Jakarta ke Palangka Raya, dengan rencana untuk 6.000 kartu tambahan dalam proses. Namun, karena proses personalisasi yang teliti, distribusi selanjutnya akan dilakukan bertahap, dengan pencetakan dan pengiriman lebih lanjut dijadwalkan setelah perayaan Idul Fitri.

"Alhamdulillah memang tadi pagi langsung dibawa tim kita dari Jakarta membawa kebetulan ada kunjungan kementerian dibawa 2500 yang sudah selesai, minggu ini sebenarnya bisa sampai 6000 kartu, cuma karena personalisasi sedang dalam proses per hari 2000 kartu, khawatirnya besok itu enggak bisa dikirim karena semua pesawat full untuk mengangkutnya. Khusus di Palangka Raya pengambilan bisa di cabang utama, untuk di kabupaten lain mungkin nanti akan ke cabang terdekatnya," tuturnya.

Kolaborasi antara pemerintah provinsi, Bank Kalteng, dan program Beasiswa TABE Berkah mencerminkan komitmen bersama dalam meningkatkan akses pendidikan dan memberdayakan mahasiswa di Kalteng. Dengan harapan  generasi muda Kalteng dapat menggapai mimpi-mimpi melalui pendidikan yang terjangkau dan berkualitas.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments