P. Raya

Bappedalitbang Laksanakan Kick Off Penyusunan RPJPD Prov. Kalteng Tahun 2025-2045

PALANGKA RAYA -  Bertempat di Swiss-BelHotel Danum, Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (25/09/2023), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Prov. Kalteng melaksanakan Kick Off Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2025-2045.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sri Widanarni yang hadir mewakili Sekretaris Daerah saat membacakan sambutan sekaligus membuka acara mengatakan bahwa Pembangunan Kalimantan Tengah tahun 2025-2045 merupakan kelanjutan dari periode pembangunan jangka panjang 2005-2025, mengacu pada visi yang terdapat pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2025-2045 “Indonesia Emas 2045” yaitu mewujudkan Indonesia sebagai Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan.

"Sasaran utama RPJPN tahun 2025-2045 yaitu pendapatan per kapita setara negara maju, kemiskinan menuju nol persen dan ketimpangan berkurang, kepemimpinan dan pengaruh dunia internasional meningkat, daya saing sumber daya manusia meningkat, dan intensitas emisi GRK (Gas Rumah Kaca) menurun menuju net zero emission," tuturnya.

Ditambahkannya pula, Penyusunan RPJPD dilakukan untuk mewujudkan tujuan pembangunan daerah yang merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang disesuaikan dengan dinamika daerah melalui upaya menyinkronkan kerangka logis rancangan RPJPN 2025-2045 dengan RPJPD 2025-2045. RPJPD Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2025-2045 menjadi acuan bagi calon kepala daerah untuk merumuskan Visi dan Misi masing-masing pada saat pemilihan kepala daerah tahun 2024 yang akan datang.

“Kami minta kepada semua pihak untuk berkomitmen mendukung penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, dengan memberi masukan dari berbagai sudut pandang sesuai dengan bidang tugas pokok dan fungsi kita masing-masing. Sehingga diharapkan dokumen perencanaan pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah ini merupakan jabaran dari gambaran, mimpi, harapan dan cita-cita dari seluruh stakeholder untuk perencanaan pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah 20 tahun ke depan," ungkap Sri.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Leonard S. Ampung dalam laporannya mengatakan bahwa Pelaksanaan Kick Off Penyusunan RPJPD ini, merupakan langkah awal Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam penyusunan RPJPD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2025-2045 sebagaimana tercantum dalam Permendagri No 86 Tahun 2017, yaitu Penyusunan rancangan awal RPJPD dilaksanakan paling lambat satu tahun sebelum RPJPD periode yang sebelumnya berakhir.

"Maksud dan tujuan penyelenggaraan Kick Off  ini adalah untuk menyampaikan informasi dan penyamaan pemahaman terkait substansi, proses dan tahapan penyusunan RPJPD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2025-2045, serta menandai dimulainya proses dan tahapan penyusunan RPJPD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2025-2045," pungkas Leonard.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Kepala BPS Prov. Kalteng Eko Marsoro, perwakilan Bank Indonesia Prov. Kalteng Taufik Saleh, Perangkat Daerah lingkup Prov. Kalimantan Tengah, dan Bappeda Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah.

 

(Deddi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments