Barsel

Barito Selatan Lanjutkan Program Air Bersih Mandiri Tanpa Dukungan Pusat

Buntok – Melalui DPUPR,  Program Pamsimas secara mandiri pada tahun 2023 tanpa dukungan pusat tetp dilanjutkan. Fokus ke Desa Bipak Kali, Janggi, Tabatan, dan lainnya, menggunakan APBD. Tujuannya, melanjutkan Pamsimas yang terbatas dan tak bisa mencakup satu desa secara penuh. Hal tersebut diungkapkan Pemkab Barito Selatan.

Pamsimas pusat hanya bisa bangun instalasi sederhana dan berikan sambungan rumah untuk lima rumah. Oleh karena itu, APBD 2023 digunakan untuk pemasangan jaringan dan sambungan rumah, dengan harapan mencakup 100 persen di desa yang menjadi fokus.

Penyaluran langsung ke rumah dipilih mengingat perubahan pola masyarakat. Sebelumnya, akan dilakukan sosialisasi pembayaran iuran, yang akan diatur dalam Peraturan Desa.

Kelompok Pengelola Sistem Air Minum (Kapespam) di setiap desa akan mengelola proyek ini. Setelah selesai, Pamsimas akan diserahkan kepada Kapespam di masing-masing desa untuk pengelolaan berkelanjutan. Kendala saat ini adalah pemahaman masyarakat terhadap fungsi iuran.

Dengan adanya kegiatan keberlanjutan Pamsimas, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli dan memanfaatkan infrastruktur yang dibangun untuk mendapatkan air bersih. Desa yang berhasil adalah Desa Danau Bambure.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments