Kalteng

Bersihkan Drainase Guna Tingkatkan Hasil Pertanian

FOTO: GIYA/HUMA BETANG
CEK DRAINASE - Anggota DPRD Seruyan Anindita, saat mengecek saluran drainase.

KUALA PEMBUANG - Guna peningkatan hasil pertanian di wilayah Seruyan Hulu, warga Desa Tanjung Paku mengharapkan ada perbaikan dan perawatan drainase untuk lahan persawahan mereka. Sebab saat ini keadaan saluran drainase di persawahan sudah penuh dengan rumput liar sehingga harus segera dibersihkan atau dilakukan pengerukan.

Anggota DPRD Seruyan Atinita, menyampaikan harapan para petani padi di wilayah Seruyan Hulu di Desa Tanjung Paku, agar pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya bisa memperhatikan sarana persawahan masyarakat, yang selama ini dirasa oleh masyarakat perlu adanya perhatian agar saluran irigasi para petani bisa diperbaiki atau dilakukan perawatan agar suplai air bisa lancar kembali.

“Saat melakukan reses di wilayah dapil III kami melihat langsung bagaimana keadaan saluran drainase atau irigasi persawahan petani tampak penuh dengan rumput liar dan hal ini tentunya harus segera dibenahi agar para petani bisa terbantu, terutama untuk suplai air bagi sawahnya,” ujarnya.

Atinita menyampaikan bahwa saat pihaknya melakukan kunjungan di Desa Tanjung Paku, banyak masyarakat menyampaikan  bahwa saat ini saluran drainase yang bisa digunakan sudah perlu dilakukan pengerukan terutama di wilayah persawahan. Hal ini dimaksudkan agar suplai air kesawah para petani bisa lancar sehingga tanaman bisa tumbuh maksimal.

Ia menyebut, karena pentingnya keberadaan saluran irigasi tersebut sehingga banyak masyarakat Desa Tanjung Paku meminta agar pemerintah daerah bisa memberikan bantuan untuk membersihkan saluran irigasi di wilayah mereka, karena dinilai sangat penting untuk dilakukan  penanganan secepatnya.

“Permintaan masyarakat untuk melakukan pembersihan saluran irigasi di sawahnya ini memang hal yang sangat penting, sehingga nanti kami akan mendorong agar pemerintah daerah bisa melakukan perencanaan atau penangan secepatnya terkait msalah saluran irigasi tersebut, guna membantu para petani di Desa Tanjung Paku,” pungkasnya.

(Giya/Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments