Business

Paskah Yang Membawa Berkah

PALANGKA RAYA - Bagi umat kristen dan katolik, paskah adalah hari peringatan kebangkitan dan kemenangan Yesus Kristus atas kematiannya di kayu salib.

Tradisi mengunjungi pemakaman saat menyambut paskah, menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang dan warga sekitar.

Sudah menjadi tradisi  setiap tahun bagi umat kristiani untuk merayakan paskah dengan mengunjungi makam keluarga sebagai bentuk cinta kasih sayang  dan penghormatan walau sudah lama meninggal, dengan membersihkan makam, menyalakan lilin, berdoa serta memberikan taburan bunga di atas makam.

Ramainya pengunjung dari berbagai sudut kota dan bahkan ada yang datang  dari luar kota, tak pelak membawa berkah tersendiri bagi para pedagang bunga, lilin, minuman, petugas parkir, penjual jasa kebersihan makam dan juga bagi warga sekitar makam.

Seperti yang terpantau di pemakaman kristen  jalan cilik riwut km 2,5 kota Palangka Raya. Pada jumaat sore 15 April 2022. Petugas parkir yang menata kendaraan pengunjung baru dua hari membuka parkir di depan toko, sudah mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Penjual bunga tabur serta lilin pun  laris dibeli pengunjung, seperti yang dituturkan ibu erni. Sejak senin berjualan bunga tabur sudah lumayan mendapatkan keuntungan.

Demikian juga dengan Ibu Yan Siwuh yang baru dua hari berjualan bunga hidup, meraup keuntungan lima puluh persen dari hari biasa serta berharap akan lebih ramai pada hari sabtu dan minggu.

Bagi pengunjung yang tidak ingin repot membersihkan makam keluarganya, menjadi berkah tersendiri bagi penawar jasa membersihkan makam, yang kebanyakan adalah anak anak sekitar. Banyak pengunjung yang bersyukur dengan keberadaan mereka.

Muhammad firdaus bersama teman temannya sejak senin sudah menawarkan jasa kepada pengunjung makam yang silih berganti datang. Dalam satu hari saja bisa mendapatkan cuan ratusan ribu rupiah, dan tarif yang mereka tawarkan hanya suka rela saja.

Perayaan paskah tahun 2022 ini dilaksanakan dengan skala terbatas sesuai dengan surat edaran dari Sinode Kalimantan Evangelis.

Ibadah hanya di lakukan pada minggu subuh 16 april 2022,  dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pengunjung boleh menyalakan lilin dan menaburkan bunga rampai pada sabtu 15 april 2022. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan,  di larang membawa senjata tajam, minuman keras, serta dihimbau untuk tidak bermalam di makam. Lebih penting lagi tetap mentaati aturan aturan dari pemerintah.

(Altius Utama)

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments