P. Raya

Dagperin Kalteng 'Tinjau'  Eksportir Kayu Gaharu

PALANGKA RAYA - Dalam rangka peningkatan ekspor Kalimantan Tengah (Kalteng) serta menggali semaksimal mungkin berbagai potensi unggulan daerah untuk ekspor.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dagperin) Provinsi Kalteng Aster Bonawaty, SH., MH, bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalteng Aty Mulyati serta Kepala Bea Cukai Palangka Raya Firman Yusuf, melakukan peninjauan ke salah satu eksportir Kalteng di Palangka Raya yaitu eksportir kayu Gaharu, Agarwood Store B.A.J yang beralamat di jalan Kinibalu No. 05 Palangka Raya.

Kegiatan ekspor kayu gaharu telah merambah ke beberapa negara, terutama kawasan Timur Tengah dan Asia seperti Arab Saudi, Dubai, Libya, Turki, Mongolia, Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan.

“Selama ini kegiatan ekspor kayu gaharu yang kita lakukan telah merambah beberapa negara terutama di kawasan timur tengah dan asia,” ucap Darminto owner Agarwood Store B.A.J, Senin 14 Maret 2022 lalu. 

Kepala Dinas Dagperin Provinsi Kalteng Aster Bonawaty melakukan dialog serta memberikan masukan kepada pelaku eksportir kayu untuk dapat mengembangkan kegiatan ekspornya di masa yang akan datang.

“Jadi kita hari ini melakukan dialog serta memberikan masukan dan saran kepada para pelaku eksportis kayu gaharu untuk mengembangkan kegiatan ekspornya di masa yang akan datang,” kata Aster.

Lebih lanjut, Dinas Dagperin Provinsi Kalteng juga memberikan layanan administrasi surat keterangan asal selama 24 jam tanpa biaya, layanan rumah kemasan, hingga bantuan pengadaan peralatan produksi.

“Kita juga siap memberikan layanan administrasi surat keterangan asal selama 24 jam nol rupiah, layanan konsultasi dan bimbingan teknis, layanan rumah kemasan hingga bantuan pengadaan peralatan produksi yang diperlukan untuk semakin meningkatkan nilai tambah produk yang dihasilkan,” tutup Aster.

Menindaklanjuti hasil peninjauan lapangan, Kepala Dinas Dagperin Provinsi Kalteng Aster Bonawaty memerintahkan Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri untuk melakukan diskusi teknis secara lebih komprehensif untuk kemajuan ekspor kayu gaharu tersebut terutama peningkatan nilai tambah produk hingga program hilirisasi dan diversifikasi produksi guna peningkatan perekonomian Kalteng menuju Kalteng Makin Berkah.


(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments