P. Raya

Dana Desa Optimalkan Pembangunan Desa

PALANGKA RAYA - Anggota Komisi III Kalteng, Duwel Rawing menekankan bahwa dana desa memberikan kebebasan kepada masyarakat setempat untuk merencanakan dan mengelola anggaran mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan dan prioritas lokal.

"Pentingnya pemerintah tingkat kabupaten untuk lebih  memberikan dukungan dan tugas mereka mencakup memastikan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas penggunaan dana desa serta memberikan bimbingan kepada desa-desa yang membutuhkan bantuan," Katanya, Jumat (02/02/2024). 

Namun bimbingan dan dukungan dari pemerintah kabupaten sangat penting untuk memastikan bahwa desa-desa dapat menggunakan dana tersebut secara optimal. Sehingga kabupaten tidak ada lagi yang tertinggal. 

"Dalam kemampuan untuk memanfaatkan anggaran dengan maksimal tergantung pada kapasitas, pengelolaan, dan transparansi pemerintah daerah. Penting untuk melibatkan pihak-pihak terkait, seperti komunitas lokal, dalam perencanaan dan pengawasan penggunaan anggaran,"tuturnya.

"Adapun resiko ketidakpastian dampak dan potensi kesalahan dalam pengelolaan dana dapat terjadi jika tidak ada pengelolaan yang baik bisa jadi salah atur dan bisa belanja-belanja yang  sesungguh yang tidak perlu,"jelasnya.

Politikus PDIP tersebut menyatakan bahwa, tindakan penundaan atau penanganan segera tergantung pada kondisi dan kemampuan desa tersebut. Memberikan ekstra perhatian dan dukungan intensif dari camat dapat membantu desa-desa tertinggal untuk lebih fokus dalam mengelola dan membangun potensi mereka. 

"Hal ini tentu terbuktinya adanya desa-desa yang masih tertinggal lebih mencerminkan kondisi pembangunan di tingkat kabupaten. Dengan memberikan perhatian dan dukungan intensif dari camat, pemerintah berusaha mengatasi ketidaksetaraan ini. Tugaskan khusus untuk hal-hal yang memang perlu," jelasnya. 

Hal demikian akan lebih mengintensifkan pembinaan melalui peran camat sebagai kaki tangan pemerintah kabupaten adalah langkah positif. Memberikan bimbingan kepada desa-desa yang membutuhkan membantu memastikan bahwa penggunaan dana desa lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. 

Ia juga menjelaskan bahwa memberikan arahan dan merawat bagi desa-desa yang kesulitan dalam mengelola dana desa adalah langkah yang bijaksana. 

"Saya berharap Memberikan pemahaman kepada masyarakat di desa bahwa dana desa adalah uang rakyat yang harus dikelola dengan baik merupakan langkah penting dalam meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab kolektif terhadap pembangunan,"pungkasnya.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments