P. Raya

Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Akan Membangun Panggung Teater Mini dan Theater Terbuka.

PALANGKA RAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi  Kalteng melalui UPT. Taman Budaya Kalimantan Tengah Tahun 2023, menggelar seni budaya. Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala.Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng  Adiah Chandra Saribertempat Panggung di Galery UPT Taman Budaya Kalteng Jl. Temanggung Tilung XII, Palangka Raya, Sabtu (29/6/2024).

Dalam sambutan, Kadisbudpar Provinsi  Kalteng Adiah Chandra Sari mengatakan, bahwa kegiatan tersebut agak berbeda dari biasa, karena diadakan di Galery tertutup yang bisanya digunakan untuk pameran, namun saat ini dibuka sehingga seperti Aula,dan nanti bila ada dari pelaku seni dan pimpinan-pimpinan sanggar, atau bahkan masyarakat yang ingin mengadakan kegiatan dan pertujukan-pertujukan dalam skala kecil, gedung ini bisa dimanfaatkan.

Menurutnya, hal ini merupakan salah satu terobosan oleh UPT Taman Budaya, dalam menarik minat dari masyarakat dan pelaku seni, harapannya seluruh fasilitas yang ada di kawasan Taman Budaya Kalimantan Tengah ini bisa dimanfaatkan.

“Kedepan kita juga akan membangun fasilitas baru, semacam teater terbuka tetapi dalam bentuk mini dan melakukan pembenahan pada tamannya, dan pada tahun depan akan dibangun beberapa fasilitasnya” imbuhnya.

Dikatakannya pula, seni adalah bagian dari budaya sebagai identitas suatu bangsa, oleh sebab itu sudah menjadi tanggung jawab kita bersama, baik Pemerintah, maupun masyarakat untuk memelihara dan mengembangkan seni di tengah-tengah bangsa , khususnya seni pertunjukan.

Pemerintah memberikan apresiasi dan pembinaan terhadap para pelaku seni khususnya di Kalimantan Tengah, melalui berbagai macam kegiatan Gelar Seni Budaya. Upaya ini merupakan salah satu wujud nyata dari strategi pengembangan dan pelestarian yang berkesinambungan, diharapkan berdampak terhadap perkembangan seni budaya di Kalimantan Tengah khususnya.

“Saya mengharapkan agar kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses, sebagaimana maksud dan tujuan yang kita harapkan bersama yaitu menghasilkan peningkatan kreativitas para seniman” tutupnya.

Kegiatan dihadiri oleh,  pejabat lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi  Kalteng, Pemerintah provinsi Kalteng, perwakilan Dewan Pimpinan Wilayah Komite Seni Bdaya Nusantara (DPW KSBN) Provinsi Kalteng dan Kota Palangka Raya, Pimpinan dan Pengurus Sanggar Seni dan paguyuban se Kalteng, khususnya Kota Palangka Raya. 

 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments