Kalteng

Dinilai Berhasil, BUMDES Pendreh Jadi Kaji Banding DPRD HSU

BARITO UTARA  - Sebanyak 30 orang anggota DPRD Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan melakukan kaji banding ke  Badan usaha milik Desa yang dimiliki Desa Pendreh, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

Badan usaha Desa Pendreh memiliki usaha yang dikerjakan oleh warga secara bersama-sama tersebut dinilai berhasil  dalam menjalankan roda usahanya, sehingga dianggap layak dijadikan rujukan oleh kalangan dewan kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Kepala Desa Pendreh Sugianto, menyambut baik maksud dan tujuan kaji banding sejumlah anggota DPRD Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan yang difasilitasi oleh sekwan. Sugianto juga memaparkan pihaknya bersama dengan beberapa desa lainnya telah membentuk bada usaha milik desa dan sudah berjalan. Modal awal Bumdes diambil dari dana desa sesuai kebutuhan dan sesuai dengan jenis usahanya. Dengan memiliki badan usaha kedepannya dapat mengembangkan usaha warga untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Wakil ketua I DPRD Hulu Sungai Utara, Mawardi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pengembangan dana desa  dalam bentuk mata usaha seperti yang dilakukan di desa Pendreh. Terlebih didukung dengan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Barut, sehingga usaha yang dirintis masyarakat melalui badan usaha cepat berkembang dan berhasil. Keberhasilan Bumdes di wilayah Barut ini layak dijadikan rujukan dalam pengembangan Bumdes kedepan di kabupaten HSU.

 

(Mardedi/Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments