Business

Dishub Kota Palangka Raya Kenalkan Sistem Layanan Publik Citra Perhubungan (Si- LANCIP)

PALANGKA RAYA - Sistem  layanan publik citra  perhubungan ( si - lancip )  pada kamis 12 mei 2022 disosialisasikan di kantor dinas perhubungan kota Palangka Raya. Dihadiri oleh seluruh perwakilan media cetak dan elektronik serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari beberapa Universitas dan perguruan tinggi negeri di palangka raya.

Mewujudkan visi dan misi Walikota Palangka Raya yaitu, terwujudnya kota palangka raya yang maju rukun, dan sejahtera untuk semua, serta misi smart environment ( lingkungan yang cerdas), smart society ( masyarakat cerdas ) dan smart economi (ekonomi cerdas ), Walikota Palangka Raya Fairid Nafarin bersama Dinas Perhubungan kota Palangka Raya yang dinahkodai oleh Alman Pakpahan terus berupaya melakukan peningkatan layanan kepada publik di bidang transfortasi.

Sesuai dengan fungsi Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya yaitu untuk meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) kota palangka raya, dengan tujuan meningkatkan kualitas infrasruktur transportasi dengan sasaran meningkatnya kualitas pelayanan bidang transportasi.

dalam kegiatan itu alman menyampaikan hasil yang telah dicapai dan apresiasi dari berbagai lembaga berkat kerja sama semua pihak termasuk peran media sebagai mitra dinas perhubungan kota.

Salah satu penghargaan yang diterima adalah dari aplikasi Si -Takir dalam digital inovation award tahon 2022,  dan peringkat 18 nasional, peringkat 4 se-Kalimantan, terbaik 1 Kalimantan Tengah dengan capaian akreditasi a dalam pelayanan kendaraan bermotor wajib uji terbanyak dan terbaik, dari dirjen perhubungan darat kementerian perhubungan indonesia, serta mendapat hasil  sangat baik dari lembaga survey eksternal LPSDMI dalam hal indeks kepuasan masyarakat tahun 2021.

Menurut alman aplikasi Si - Lancip ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan pad (pendapatan asli daerah ) Kota Palangka Raya.

Aplikasi sistem layanan publik citra perhubungan (Si -Lancip) terdiri dari Si-Bue (bukti uji elektronik kir), Si-Gatar (penjagaan dan pengaturan lalu lintas), si - acep (unit reaksi cepat), Si - Takir (penataan parkir), si- waspel (pengawasan pelabuhan), Trans - Cantik (pelayanan bus rapid transit, brt gratis) dan Istiadat (elektronik angkutan dalam trayek).

Untuk peningkatan layanan transportasi dibidang kesehatan, walikota palangka raya bersama Dinas Perhubungan Kota, tidak lama lagi akan meluncurkan kendaraan ambulan bagi masyarakat yang memerlukan.

Perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kristen Palangka Raya, Marcelo menyambut baik aplikasi ini, dan berharap didukung oleh diskominfo terkait jaringan komunikasi yang belum merata di Kota Palangka Raya.

Berkat keberhasilan dan inovasi digital yang tiada henti serta beberapa penghargaan yang diterima kota palangka raya dalam bidang pelayanan transportasi, banyak progam aplikasi yang diadopsi oleh beberapa daerah di indonesia.

(Altius Utama)

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments