P. Raya

DPC KSBN Kota Palangka Raya Meriahkan Festival Budaya Isen Mulang 2022

PALANGKA RAYA - Menyambut hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang ke 65 tahun, digelar festival budaya isen mulang di kota palangka raya, selasa 17 mei 2022. DPC KSBN kota Palangka Raya pun ikut memeriahkan karnaval festival budaya tersebut dengan menghadirkan kesenian dari berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia.

Pada saat pembukaan yang dilaksanakan dengan pawai budaya, tampak jelas kekompakan dari seluruh pengurus jajaran KSBN Kota Palangka Raya, dengan memakai kostum yang memiliki corak dan khas dayak tersebut hadir ditengah tengah para kontingen lainnya, yakni Bapak Bhayu Rhama, Ibu Yenni Sunarti, Ibu Sriwanti ,Ibu April, Ibu Linda , Ibu Lila beserta seluruh anggota ksbn lainnya.

Ketua ksbn kota Palangka Raya, Bhayu Rhama mengatakan bahwa, berdasarkan filsafah huma betang, komite seni budaya nusantara kota palangka raya menciptakan persatuan dan kesatuan dalam mencapai keharmonisan dalam melestarikan seni budaya daerah yg ada di kota palangka raya. Sehingga terciptanya kebersamaan dan saling menghargai serta menghormati para pelaku seni dan budaya daerah di kota palangka raya.

Lebih lanjut Bhayu mengungkapkan formasi yang dipakai pada karnaval kali ini ialah pada barisan pertama terdiri dari para pembawa bendera serta pusaka dan spanduk yang dipimpin langsung oleh Ketua KSBN.

Barisan kedua para penari dari berbagai unsur daerah Dayak, Jawa , Sunda, Batak dan lainnya sehingga kolaborasi gerak dan musik serta tari yang dibawakan akan menyatukan arti kebersamaan dan juga saling bahu membahu menjaga kelestarian seni budaya daerah yang ada di kota palangka raya.

Barisan ketiga mobil hias dengan corak dan ornamen kebhinekaan yang diartikan rasa dan saling menjaga kerukunan dalam melestarikan seni dan budaya daerah serta keharmonisan bagi para pelaku seni dan budaya serta masyarakatnya.

Di atasi mobil hias tersebut terdapat para pelaku seni yang memainkan alat musik dan dikolaborasikan dari beberapa unsur irama musik daerah.

Barisan keempat terdiri dari para pengurus DPC KSBN Kota Palangka Raya, barisan kelima peserta dengan busana daerah, dimana dalam setiap langkah akan bersatu rasa kebersamaan dan juga rasa persaudaraan yang saling menjaga dan menghargai satu sama lain dalam melestarikan seni budaya daerahnya di kota palangka raya.

(Hary Reymondo)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments