P. Raya

Duwel Rawing  Dorong Pemda Relokasi Warga di Kawasan Rawan Bencana

PALANGKA RAYA - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota supaya merelokasi warga yang bermukim atau tinggal di kawasan rawan bencana, baik banjir, tanah longsor, abrasi maupun ablasi. Di wilayah Kalteng ini ada begitu banyak warga masyarakat yang bermukim di kawasan rawan bencana. Contohnya seperti di Kota Palangka Raya yakni kawasan Flamboyan Bawah.

" Ini patut menjadi perhatian agar segera melakukan upaya relokasi bagi warga ketempat yang aman dari bencana," ucapnya, Rabu, 19 April 2023.

Terlepas dari itu, menurut Duwel sebelum merelokasi warga pemda juga harus dapat menyiapkan tempat atau kawasan yang layak serta jauh atau minim dari bencana untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang direlokasi.

Duwel menyadari upaya merelokasi warga yang bermukim di kawasan rawan bencana tidak mudah, sebab pasti ada warga yang enggan direlokasi. Oleh karena itu, pemerintah harus dapat memberikan pemahaman dengan sosialisasi yang dilakukan bahwa lokasi yang ditempati itu tidak layak.

Politisi PDIP ini menyarankan agar bagi kawasan yang rawan terjadi bencana sebaiknya tidak diberikan izin untuk tinggal. Bahkan jika diperlukan, masyarakat yang bersikukuh untuk bertahan di kawasan rawan bencana agar membuat surat pernyataan jika terjadi bencana pemerintah tidak akan bertanggung jawab.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments