P. Raya

GEKRAFS Membangun Ekonomi Kreatif Bekerjasama Dengan UMKM.

PALANGKA RAYA  - Pelantikan Pengurus Gekrafs Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Periode 2023 - 2028, dilaksanakan di Hotel Swiss Bell Danum Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Kamis Malam (22/6/2023).

Hadir dalam kegiatan Pelantikan Gekrafs Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalteng Norhani, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalteng membidangi Kesejahteraan Rakyat Siti Nafsiah, serta Kepala OJK Otto Fitriandy. Hadir juga secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno.

Dalam sambutannya Leonard S. Ampung Asisten Bidang Perekonomian dan Pemba-ngunan mewakili Gubernur Kalteng mengatakan, keberadaan creative hub di Kalteng menjadi simpul pelaku usaha ekonomi kreatif. Selain itu diharapkan dapat membangun dan meningkatkan kegiatan bagi para pelaku ekonomi kreatif itu sendiri, yang akan menghasilkan  produk yang bernilai ekonomis.

Terlebih lagi adanya Gekrafs dapat lebih menguatkan ekonomi kreatif di Kalteng khususnya dan Indonesia pada umumnya, guna menciptakan peluang lapangan pekerjaan yang baru untuk kesejahteraan masyarakat di seluruh penjuru Nusantara.

“Saya mengingatkan agar seluruh anggota yang tergabung di dalamnya mampu bergerak selaras, manfaatkan potensi, bersama untuk memajukan sektor ekonomi kreatif yang ada di daerah kita,” ucap Leo.

Ekonomi kreatif Tambun Bungai ini, imbuh Leo,  memang memiliki berbagai tantangan serta hambatan, namun semua tantangan dan hambatan tersebut tentunya harus bisa dijadikan sebagai peluang. Peran Gekrafs diharapkan bisa mendukung, membina, dan memberdayakan para pelaku usaha ekonomi kreatif untuk bisa lebih maju serta mampu bersaing didunia global.

Sementara Ketua Panitia GEKRAFS,  Kristian,  dalam laporannya  mengatakan, secara garis besar menyebut latar belakang kegiatan ini, yaitu untuk membangun, menumbuh kembangkan kreatifitas di bidang pariwisata dan ekonomi khususnya di kalangan anak anak muda di Kalteng. Sehingga mampu memiliki daya saing dan berperan aktif dalam mensejahterakan masyarakat di Kalteng melalui industri kreatif.  Tujuan kegiatan ini untuk membagun dan membina hubungan yang baik antar pengurus, baik dewan pengurus pusat, dewan pengurus wilayah maupun pemerintah daerah, agar kedepan-nya dapat bersinergi dan tetap saling melengkapi.

Sebelum pelantikan pihaknya telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan dianta-ranya berkunjung ke beberapa industri kecil yang ada di Palangka raya dan ada juga pembekalan yang dihadiri oleh utusan Gekrafs pusat, serta melakukan orientasi.kepada pengurus dan mahasiswa yang ada di Palangka raya.

 

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments