P. Raya

Gerakan Pangan Murah (GPM) Membantu Masyarakat Mengendalikan Harga Pangan

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsin Kalteng bersinergi dengan Pemkot Palangka Raya selenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Halaman Kantor Kelurahan Panarung, Kamis (8/8/2024).  Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng Akhmad Elpiansyah mengatakan, berdasarkan data terbaru, inflasi Kalteng berada di bawah standar Nasional.

“Namun kita jangan terlena karena harga sewaktu-waktu bisa berubah, untuk itu kita selalu menjaga harga dalam kondisi wajar dan terkendali. Pemerintah Provinsi  Kalteng membantu beberapa komoditas pangan yang dipasarkan pada kegiatan GPM ini. Semoga kegiatan ini bisa membantu masyarakat kita dan bisa mengendalikan harga pangan di pasar,"jelasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Palangka Raya Uria Ninu  saat membuka kegiatan menyampaikan, hingga saat ini Pemkot Palangka Raya terus berupaya menjaga stabilitas inflasi dan harga komoditas pangan.

"Bahkan saat ini inflasi semakin menurun dengan beberapa komoditas pangan mengalami deflasi. Melihat kondisi tersebut, kita diharapkan dapat menjaga harga agar jangan sampai harga yang turun dan stabil menjadi naik dan tidak stabil," ucapnya.

Ketika diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng Akhmad Elpiansyah mengungkapkan pada kegiatan GPM ini, Pemerintah Provinsi Kalteng memberikan subsidi sebesar 15-30 persen dari harga di pasaran. 

“Semoga dengan pelaksanaan GPM yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Palangka Raya ini ke depannya akan lebih ditingkatkan lagi, apalagi menjelang Gebyar HUT RI ke-79,"tandasnya.

Selanjutnya, salah seorang warga Sella, mengatakan kegiatan GPM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena bisa mendapatkan harga pangan lebih murah dari harga di pasaran. 

“Kalau bisa setiap bulan diadakan lagi biar masyarakat bisa terbantu dengan harga pangan yang lebih murah," sebutnya. 

Sebagai informasi, Dinas Ketahanan Pangan Prov Kalteng menyediakan tujuh komoditas pangan pada kegiatan GPM ini, yakni beras pulen dan karau 4 ton, bawang merah 80 kg, bawang putih 80 kg, minyak goreng 350 liter, gula pasir 350 kg, dan telur ayam ras 100 tabak. 

Kegiatan dihadiri oleh, Plh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Camat Pahandut, Lurah Pahandut, Distributor, serta Pejabat Eselon III Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng
 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments