Kalteng

Gubernur Minta Tingkatkan Prestasi di PON Papua

“Ancam” KONI Bila Atlet Hak Atelt Diambil

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan tengah (Kalteng) Sugianto Sabran memastikan siap membantu kelangsungan peningkatan olahraga melalui KONI Kalteng. Ia pun mendorong para atlet benar-benar memikirkan dan meningkatkan prestasi olahraga hingga atlet Kalteng di nasional dan membawa nama Indonesia di kancah Internasional.

“Pemprov Kalteng siap bersinergi untuk memajukan olahraga Kalteng. Satu lagi, jangan sampai hak atlet diambil. Saya tidak ingin mendengar hal itu, kalau nanti kami dapat info dan mendengar, kami akan putus bantuan untuk KONI Kalteng. Sesuaikan anggaran dan kebutuhan untuk atlet dan cabor (cabang olahraga),” tegas  Gubernur Sugianto, Jumat (14/8).

Hal itu diungkapkan Sugianto saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan Pengurus KONI Kalteng Masa Bakti 2020-2024, yang dilaksanakan di Aula Jayang Tangang (AJT) kantor Pemprov Kalteng, Palangka Raya. 

Sekitar 30 lebih pengurus bersama Ketua Umum KONI Kalteng Eddy Raya Samsuri, diambil sumpah pelantikan oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman, yang dihadiri oleh sejumlah pengurus KONI Pusat, yakni Ketua Umum (Ketum) KONI Letjend (Purn) Marciano Norman, Waketum II Mayjend (Purn) Soedarmo, Mantan Caretaker Mayjend (Purn) Heru Suryono, Kabid Organisasi Mayjend (Purn) Andri T.U, Wakabid Organisasi  Eman Sumusi.  

Dalam sambutanya, Gubernur Sugianto menyebutkan selain pengurus KONI Kalteng jangan bermain politik juga. Tapi benar-benar memajukan atlet yang ada. 

“Kita punya atlet nasional dan internasional dari Kalteng, pertahankan itu dan bina dengan baik. Kami berharap ke PON nanti bukan ajang jalan jalan atau uji coba, tapi meraih prestasi. Biaya ke sana mahal dan banyak, itu yang harus kita upayakan semaksimal mungkin,” ucap Sugianto.

Gubernur Kalteng  Sugianto Sabran yang juga Pelindung Pengurus KONI Kalteng mengucapkan selamat kepada Pengurus KONI yang baru. Gubernur juga menyampaikan harapan melalui momentum pelantikan yang dihadiri semua Ketua KONI se-Kalteng dan cabor, agar dijadikan sebagai perbaikan, penyempurnaan dan revitalisasi keolahragaan yang kelak semakin mengangkat prestasi dan pembinaan Olahraga di Provinsi Kalteng sehingga mampu membangun keunggulan dikancah Nasional dan Internasional di masa yang akan datang.

“Yang lebih penting dengan terpilihnya Ketua Umum KONI Provinsi Kalteng Masa Bakti 2020-2024, dipimpin oleh Pak Eddy Raya Samsuri, diharapkan mampu membawa olahraga Kalteng lebih baik lagi dengan program-program inovasi yang kreatif menuju Kalteng Berkah sesuai harapan kita pada PON ke-20 nanti dengan prestasi Isen Mulang Emas,” tutup Gubernur Sugianto. 

Turut hadir pada kegiatan itu juga Anggota DPR-RI Dapil Kalteng Agustiar, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi hingga sejumlah Kepala SOPD dan Forkopimda. 

Sementara itu, dalam arahannya, Ketua Umum KONI Pusat Letjen Purn Marciano Norman, sependapat dengan Gubernur Kalteng, dimana prestasi olahraga harus ditingkatkan. Apalagi Kalteng memiliki atlet nasional dan telah membela Indonesia di ajang internasional. Ini harus terus diberikan motivasi.

“Kami sadar, di tengah situasi pandemi ini semua agenda olahraga terhenti. Ini tantangan bagi pengurus KONI Kalteng yang baru, dalam meningkatkan prestasi. Kami juga bangga atlet Kalteng membela negara pada Asian Games juga bagus, seperti Dayung, Panahan, Sofball dan lainnya,” ucap Marchiano.

Sementara ketua Umum KONI Kalteng Eddy Raya Samsuri menyebut pihaknya akan terus bersinergi dengan Pemprov Kalteng dalam meningkatkan prestasi hingga membawa mama daerah Kalteng ke tingkat nasional khususnya PON di Papua nantinya dan Internasional.

“Ini tantangan bagi kami dalam meningkatkan prestasi olahraga daerah Kalteng ke nasional dan Internasional. Kami akan seleksi secepatnya atlet yang akan berlaga di PON Papua nantinya,” tutupEddy.

(BPKP/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments