P. Raya

H. Edy Pratowo Hadiri Bimtek Pimpinan dan Anggota DPRD Fraksi Partai Golkar se-Kalteng

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri sekaligus membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Partai Golkar se-Kalteng. Kegiatan berlangsung di Hotel Luwansa Palangka Raya, Selasa 29 Maret 2022.

Edy Pratowo menyampaikan Bimtek bagi Pimpinan dan Anggota DPRD se-Kalteng bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan ketidaktahuan dan ketidakpahaman, maupun guna memperdalam, dan mempertajam pemahaman para pimpinan dan anggota DPRD, dalam menjalankan dan meningkatkan kapasitas fungsi dan tugasnya selaku Anggota DPRD.

Melalui Bimtek ini Edy berharap kepada Pimpinan DPRD dan seluruh anggota agar semakin cermat untuk melihat situasi terhadap regulasi, sehingga dengan bertambahnya wawasan dan pemahaman pimpinan dan masing-masing anggota DPRD, menjadikan sebuah sinergitas komunikasi yang baik dengan Eksekutif. Yang tujuannya hanya satu, yaitu selalu berusaha untuk memberikan goal kinerja yang lebih bermanfaat bagi masyarakat guna masyarakat Kalteng yang lebih sejahtera.

DPRD sebagaimana tugas dan fungsinya sebagai lembaga Legislatif, memiliki wewenang membentuk peraturan daerah kabupaten/kota bersama bupati/walikota; membahas dan memberikan persetujuan rancangan peraturan daerah mengenai anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota, yang diajukan oleh bupati/walikota; melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota. Sehingga peran sentral DPRD tersebut dapat dimaksimalkan guna pengurangan kemiskinan, pemerataan ekonomi, dan pembangunan.

“Berkaitan dengan Tugas Pokok, Peran dan Fungsi DPRD dalam Penyelenggaraan Pemerintahan terkait PAD. Pimpinan dan Anggota DPRD Fraksi Golkar harus menggunakan pertimbangan aspek-aspek yang sesuai, agar aset daerah mampu memberikan kontribusi optimal bagi Pemerintah Daerah yang bersangkutan,” imbuhnya.

Pengelolaan aset daerah merupakan salah satu dari kunci keberhasilan pengelolaan ekonomi daerah. Dengan pengelolaan aset negara yang profesional dan modern dengan mengedepankan good governance diharapkan akan mampu meningkatkan kepercayaan pengelolaan keuangan negara dari masyarakat.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan Bimtek ini, diperoleh hasil atau tindaklanjut secara konkrit dan lengkap, sehingga dapat digunakan sebagai masukan dalam pelaksanaan program dan perumusan program kegiatan, pada saat ini dan ke depan,” pungkas Edy.

Turut Hadir Wakil ketua DPRD Prov. Kalteng Abdul Razak, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Ketua DPD Golkar HM Ruslan serta para Peserta Bimtek.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments