P. Raya

H. Nuryakin Buka Rakor Pengawasan Capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kabupaten/Kota seKalteng Tahun 2024

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Prov Kalteng H Nuryakin buka Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2024, di Ballroom Hotel Luwansa Palangka Raya.

Sekda mengatakan berdasarkan Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 298, belanja daerah diprioritaskan mendanai urusan pemerintahan wajib yang terkait pelayanan dasar, yang ditetapkan dengan SPM.

“Kegiatan hari ini forum yang sangat strategis untuk memastikan pengawasan atas pelaksanaan SPM khususnya di Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah dilakukan secara objektif dan akuntabel, sehingga dapat menghasilkan potret riil kondisi kinerja setiap Pemerintah Kabupaten/Kota sebagai bahan perbaikan ke depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, mengoptimalkan peran dan fungsi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam melakukan kegiatan pengawasan serta pendampingan dalam pemenuhan capaian SPM. Pada kesempatan itu Sekda memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat atas capaian SPM tertinggi tahun 2023 yaitu sebesar 85,20%, serta kepada Pemerintah Kabupaten Sukamara atas realisasi anggaran SPM tertinggi tahun 2023 yaitu sebesar 71,57%.

Sementara itu, Inspektur Daerah Prov Kalteng Saring menyampaikan dalam laporannya, Rakor ini bertujuan untuk menjamin penerapan SPM urusan pelayanan dasar di Kabupaten/Kota, agar berjalan dengan efisien dan efektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Nampak hadir Pj Bupati Kotawaringin Barat, Pj Bupati Sukamara, Kepala Perangkat Daerah lingkup Provinsi dan Kabupaten se-Kalteng. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments