P. Raya

H. Nuryakin Hadiri Kick Off Meeting Program Pembangunan Perumahan, Permukiman, Air Minum & Sanitasi Prov. Kalteng 

PALANGKA RAYA – Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin menghadiri sekaligus membuka secara resmi Kick Off Meeting Program Pembangunan Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi (PPAS) Prov. Kalteng Tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung di Aula Bappedalitbang, Kamis 7 April 2022 dan digelar secara daring maupun luring.

penguatan peran Pokja Provinsi dalam mengawal pembangunan di daerah dan melaksanakan pembangunan bidang PPAS yang sinergis dan kolaboratif, tema Kick Off Meeting Tahunan Pokja PPAS Nasional Tahun 2022 ialah “Penguatan Peran Daerah dan Mitra dalam Sinergi Pembangunan Sektor Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi (PPAS) Tahun 2022”.

“Tema ini diangkat dengan harapan agar peran Provinsi lebih kuat dalam mendampingi Pemerintah Kabupaten/Kota dalam mengintegrasikan layanan dan pembangunan PPAS di Kabupaten/Kota, serta melakukan pembinaan, pengawasan kepada Kabupaten/Kota dan mengkolaborasikan PPAS,” tutur Nuryakin.

Nuryakin menjelaskan target pembangunan Bidang PPAS Tahun 2020-2024 tiap Provinsi sudah ditetapkan oleh Pokja PPAS Nasional. Untuk Prov. Kalteng target sampai tahun 2024 yakni: Target rumah layak huni 70,98%; Target akses air minum layak 100%, dengan target air minum jaringan perpipaan 26,01% dan bukan jaringan perpipaan 73,99%; Target akses sanitasi layak 80%; Target sanitasi aman 8%; Target Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di tempat terbuka 0%; dan Target penanganan sampah perkotaan 83%.

Sementara itu Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng H. Kaspinor mengatakan bahwa kegiatan kick off ini merupakan kompilasi masukan-masukan dari seluruh Kabupaten/Kota termasuk juga dari Pemerintah Pusat yang disinergikan juga dengan RPJMN Kalteng.

“Maka dari itu pentingnya kita dalam pertemuan ini, kita akan mensinergikan, mengidentifikasi hal-hal yang berkenaan dengan seluruh daerah di Kalteng,” ujar Kaspinor.

“Ini juga memberikan spirit kepada kita dengan adanya target capaian ini juga berpengaruh pada dana insentif daerah atau penghargaan-penghargaan yang termasuk juga dana transfer. Kita harus sampaikan Misi ini supaya dengan semangat-semangat yang saya katakan melalui mandatory, intervensi hal-hal yang berkenaan dengan kebijakan-kebijakan Pemerintah Pusat ini bisa disikapi oleh seluruh daerah secara matang dan direncanakan dengan baik untuk mencapai sasaran,” tandasnya.

Turut hadir Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait serta Kepala Instansi Vertikal Prov. Kalteng terkait. Dari Pemerintah Daerah hadir Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng selaku Ketua Pokja PPAS/AMPL/Sanitasi/PKP Kabupaten/Kota.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments