Kalteng

Hadapi Perkembangan Digitalisasi Industri SDM Pekerja Harus Dipersiapkan

Puruk Cahu – Wakil ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin meminta agar pemerintah setempat melakukan kebijakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM pekerja dalam menyikapi digitalisasi industri 4.0 yang berkembang pesat saat ini.

“Pemerintah harus sigap melindungi tenaga kerja di tengah digitalisasi industri mengingat semakin banyaknya penggunaan mesin-mesin berteknologi yang berpotensi menggeser posisi tenaga kerja tertentu,” katanya, Sabtu (28/5/2022).

Rahmanto menyarankan pemerintah daerah lebih mengoptimalkan Balai Latihan Kerja (BLK) yang dimiliki. Kualitas SDM pekerja harus ditingkatkan khususnya kemampuan di bidang yang rentan tergantikan oleh mesin.

“Dengan hadirnya digitalisasi, Industri 4.0 yang rata-rata para pekerja tersaingi dengan teknologi, memaksa pekerja kita harus ter PHK atau tersisihkan. Ini perlu menjadi perhatian sejak saat ini karena teknologi selalu berkembang bahkan sangat cepat,” tambahnya.

Politisi PKB itu menambahkan tidak bisa dipungkiri pengusaha atau perusahaan akan lebih memilih penggunaan teknologi jika dibandingkan tenaga kerja manusia. Pasalnya, mesin bisa bekerja lebih cepat tanpa tuntutan ketimbang manusia.

“Makanya kita perlu sigap dalam hal ini, jangan sampai terlambat.,” pungkasnya.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments