P. Raya

Inflasi Minggu Pertama September Tahun 2023 Provinsi Kalteng Masih Aman Terkendali

PALANGKA RAYA - Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023. Bersama Menteri Dalam Negeri RI secara (Virtual), Kegiatan dilaksanakan di Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, di Aula Jayang Tingang, Senin (11/9/2023).

Dalam rapat inflasi secara virtual Tito Karnavian mengatakan, bulan Agustus tahun 2023 inflasi sebesar 3,27 persen (y-o-y) sedikit mengalami kenaikan dibandingkan inflasi pada bulan Juli tahun 2023 yakni 3,08 persen (y-o-y), inflasi monthy -to- Monthy bulan Juli Agustus tahun 2023 kita mengalami deflasi  O,02 persen , sedangkan inflasi dari  Desember 2022 hingga Agustus 2023 sebesar 1,43 persen, artinya inflasi kita masih cukup terkendali.

Tito mengingatkan agar waspada terhadap beberapa komoditi penyumbang ekonomi seperti beras cabai rawit, cabai merah kita mengimbangi dengan menanam tiap tiap daerah terutama untuk mengendalikan kenaikan harga, jelasnya."

“Pemerintah pusat memperkuat produk dalam negeri, untuk memperkuat cadangan stok dan cadangan beras termasuk importasi dari luar negeri. Untuk mengecek di daerah daerah masing masing, mencari solusinya kita harapkan adanya juga inovasi inovasi dan kreasi kreasi pemerintah daerah agar kenaikan harga beras tidak memberatkan masyarakat,” tutur Tito.

PLT. Kepala Badan Pusat statistik Amalia Adininggar Widyasanti dalam paparannya mengatakan Kabupaten /Kota yang mengalami kenaikan Indek Perkembangan Harga di minggu pertama September 2023 Naik 22 persen dari Minggu sebelumnya sebagian terjadi di wilayah luar Jawa dan komoditi penyumbang utama kenaikan IPH adalah cabai mera, beras, dan gula.  

Stah Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko saat di Wawancara mengatakan, Inflasi di.Provinsi Kalteng Minggu pertama September ini masih aman terkendali, mudah mudahan inflasi kita bisa selalu terkendali hingga di tahun berikutnya.

Hadir dalam kegiatan stah Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, keuangan dan pembangunan Yuas Elko, Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng Maghfu, unsur Forkompinda ,Kepala Instansi Vertikal dan Kepala perangkat Daerah Provinsi Kalteng,hadir secara virtual , sekretaris Utama Badan Pangan Nasional Sarwo Edhy, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim, Koordinator Pemasaran dan investasi Tanaman Pangan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Indah Sulistio Rini, Kepala Divisi perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Epi Sukandari, Wakasatgas Pangan Polri Helfi Assegaf, Mewakili Panglima TNI, Staf Ahli tingkat II Ekonomi Keuangan EkonNursanto, serta Gubernur/Bupati/ Walikota  Se- Indonesia.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments