P. Raya

Ivo Sugianto Sabran  Tinjau Kebun Percontohan Dan Lakukan Panen Bersama

PALANGKA RAYA - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah Ivo Sugianto Sabran mengunjungi kebun percontohan di arena pameran Jalan Temanggung Tilung Kota Palangka Raya, Sabtu 9 April 2022.

Kegiatan ini merupakan salah salah satu kegiatan yang termasuk dalam 10 program PKK yaitu kemandirian keluarga salam pemanfaatan lahan pekarangan. 

Disela-sela kunjungan, Ketua TP. PKKK Ivo Sugianto Sabran mengatakan  masyarakat harus kreatif dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga. Dengan demikian tidak selamanya harus menjadi konsumtif dengan melakukan pembelian, tetapi bisa mandiri dengan pemanfaatan pekarangan yang ada.

Sebagaimana diketahui, kebun percontohan di lokasi Temanggung Tilung merupakan kebun yang ditanami sayuran juga tanaman yang berasal dari Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah, dan PKK menginisiasi untuk membudidayakannya.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Kalteng Riza Rahmadi menambahkan bahwa tanaman yang ditanam dikebun tersebut berupa komoditas jagung, melon, pepaya, tomat, terong, pare, kacang tanah, buah naga, labu madu, labu putih, singkong, labu kuning, markisa dan sebagainya.

"Penanaman sudah dimulai sejak Bulan Februari 2022 yang lalu, kebun ini difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Kalteng, sedangkan sarana produksi dari PKK, dan pendampingan dari Dinas DTPHP,"terangnya.


(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments