Sosial

Kadislutkan Kalteng MOU Dengan Kadislutkan Bali 

BALI – Pemprov. Kalteng telah melakukan kesepakatan bersama dengan Pemprov. Bali dalam pembangunan dan pengembangan potensi daerah. Kesepakatan ini dituangkan dalam Naskah Kesepakatan Bersama tentang Kerja sama Pembangunan dan Pengembangan Potensi Daerah antara Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Gubernur Bali Wayan Koster di Gedung Gajah, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Sabtu 26 April 2022 lalu.

Kesepakatan bersama ini merupakan landasan dalam mensinergikan program dan mengoptimalkan pendayagunaan potensi masing-masing daerah, baik potensi sumber daya manusia, sumber daya alam, maupun teknologi. Menurut Sugianto Sabran, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di kedua provinsi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng H. Darliansjah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kepala Dislutkan Prov. Bali I Made Sudarsana. Penandatanganan PKS ini dilaksanakan di Aula Dislutkan Prov. Bali pada Selasa 10 Mei 2022 pagi tadi.

Darliansjah beserta rombongan menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat yang telah diterima sehingga merasakan kenyamanan suasana Bali. Darliansjah juga mengatakan bahwa potensi kelautan dan perikanan Kalteng memiliki banyak aspek yang dapat dikembangkan.

Darliansjah juga mengungkapkan bahwa implementasi PKS ini akan berdampak pada peningkatan daya saing, peningkatan keunggulan komperatif dan keunggulan kompetitif pelaku usaha perikanan Kalteng di kancah nasional maupun global. Selain itu juga berdampak pada peningkatan pendapatan UMKM perikanan, yang pada gilirannya sektor kelautan dan perikanan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian dan pendapatan asli daerah Kalteng.

Kadislutkan Prov. Bali I Made Sudarsana yang didampingi Sekretaris I Made Dwi Wirya Astawe dan Pejabat Eselon III yang hadir, menyambut baik langkah terobosan yang dilakukan Gubernur Kalteng dan Gubernur Bali terkait kerja sama pembangunan dan pengembangan potensi kelautan dan perikanan. Untuk itu, I Made Sudarsana dan Darliansjah telah menyepakati kerja sama di sektor kelautan dan perikanan ini dan menandatangani PKS yang telah disepakati bersama.

I Made Sudarsana juga mengapresiasi kedatangan Darliansjah yang didampingi oleh Kepala Bidang Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Sugeng Kaspani beserta tim dalam percepatan pembangunan bidang kelautan dan perikanan.

“Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik adanya kerja sama ini dan siap meningkatkan sinergitas untuk kerja sama di sektor kelautan dan perikanan antara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah,” ucapnya.

I Made Sudarsana menyebutkan, Bali merupakan pintu ekspor karena merupakan destinasi wisata sehingga memiliki jalur penerbangan langsung ke luar negeri. Ekspor produk perikanan segar sangat mudah karena didukung penerbangan yang cukup kondusif dan strategis.

Ia berharap dengan adanya kerja sama antara Pemprov Bali dan Pemprov Kalteng ini bisa mendapatkan sumber-sumber induk ikan unggulan serta produk olahan produksi Kalteng juga dapat dipasarkan di Bali. Kegiatan penandatangan PKS Bidang Kelautan dan Perikanan ini diakhiri dengan ramah tamah, penyerahan cinderamata dan foto bersama.

Kadislutkan Prov. Kalteng beserta rombongan kemudian melanjutkan kegiatan dengan melakukan kunjungan ke sentra kelautan dan perikanan di Bali.

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments