Business

Dampak Positif Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai Bagi Masyarakat Sekitar

PALANGKA RAYA - Ramai dan terkenalnya wisata air hitam di Kelurahan Kereng Bangkirai kota Palangka Raya, membawa dampak positif bagi warga sekitar, dengan semakin banyak warga yang membuka berbagai usaha jasa dan perdagangan. Kunjungan para wisatawan yang setiap hari datang ke wisata air hitam, memberikan pengaruh positif bagi warga sekitar, dengan terbukanya peluang usaha, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan dan pola pikir pedagang dalam pengembangan usaha.

Selain bisa menikmati berbagai wahana perahu susur sungai, bebek bermesin, bebek gowes dan perahu getek dengan biaya murah meriah, pengunjung juga bisa berbelanja berbagai macam kerajinan, olahan ikan dan aneka makanan minuman.

Saat mulai memasuki pintu gerbang wisata, sudah terlihat berbagai macam usaha masyarakat, dari jasa parkir, jajanan makanan dan minuman, kerajinan tangan seperti tas, gantungan kunci, kaos, topi, gelang yang bertema taman alam sabangau maupun etnik dayak terbuat dari rotan dan tanaman purun pun ada.

Sebagian warga, ada yang membuka warung makan dengan konsep latar belakang pemandangan wisata sungai air hitam sabangau, bahkan menyediakan tempat berpoto selfi dengan berbagai macam latar kreasi.

Bahkan tanaman khas endemik hutan sabangau seperti tanaman tanduk rusa, bajakah, anggrek hutan serta olahan ikan sungai seperti wadi dan ikan asinpun tersedia.

Usaha yang mereka geluti bisa membantu meringankan beban ekonomi keluarga, walaupun terkadang pendapatan yang dihasilkan tidak menentu.

(Altius Utama)

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments