P. Raya

Kadislutkan Prov. Kalteng Hadiri Rapat Percepatan Pembangunan Shrimp Estate 

Palangka Raya - Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum Setda Kabupaten Sukamara Evy Andriani melakukan kunjungan ke Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng. Evy Andrini dan rombongan diterima langsung oleh Kadislutkan Prov. Kalteng Darliansjah beserta Eselon 3 lingkup Dislutkan Prov. Kalteng, di aula kantor Dislutkan, Senin 21 Maret 2022.

Kadislutkan Prov. Kalteng Darliansjah menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap komitmen dan sinergitas yang dibangun oleh Pemkab Sukamara. Menurutnya, dengan adanya komitmen dari pemerintah provinsi ditambah dengan dukungan dari pemerintah kabupaten, Gubernur Kalteng yakin bahwa perkebunan udang dapat dibangun dan dapat dijadikan model di Kalimantan, bahkan di tingkat nasional.

Pada kesempatan ini Darliansjah juga mengungkapkan bahwa pembangunan perkebunan udang ini dapat berjalan dengan baik sesuai harapan dengan adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan juga pemerintah desa. Darliansjah meminta agar Kabupaten Sukamara mulai dari sekarang harus sudah menggodok regulasi berupa Bupati atau Peraturan Daerah tentang Tata Kelola Budidaya Perikanan/Udang di wilayah Sukamara yang mengatur kewajiban antara lain : bibit ikan/udang bersertifikat, pakan produktif, IPAL, pengendalian hama, dan lain-lain.

“Perkebunan udang yang akan dibangun ini adalah perkebunan udang yang berkelanjutan dan tentu saja tidak hanya sekedar budidaya biasa tetapi menjadi budidaya berkelanjutan memberikan dampak positif dan kontribusi baik terhadap pendapatan masyarakat maupun pendapatan asli daerah, baik kabupaten maupun provinsi,” tutup Darliansjah.

Pembangunan shrimp estate yang terletak di Desa Sungai Raja Kabupaten Sukamara ini memiliki lahan kurang lebih sebesar 40,17 Hektar. Darliansjah menyebut, dalam pembangunannya pihaknya akan mendorong mitra agar melibatkan masyarakat setempat untuk pekerjaan non-teknis sehingga berjalan dengan baik. Ia juga mengatakan, pembangunan kebun udang ini merupakan salah satu strategi program Kalteng.

Dalam FGD tersebut, Gubernur juga menyampaikan fokus program pertumbuhan ekonomi Kalteng yang keempat yaitu program pembangunan kawasan tambak udang yang dimulai dari wilayah Kabupaten Sukamara, dimana nantinya diharapkan dapat menumbuhkan sumber kekuatan ekonomi baru di wilayah pesisir pantai Kalteng.

Diharapkan program terobosan Gubernur Kalteng ini memiliki tata budidaya yang terintregasi, nol limbah, hilirisasi perikanan budidaya dan menerapkan akuakultur modern, yang keberhasilannya akan menjadi pemicu bagi daerah lain dan keterlibatan masyarakat di sekitar kawasan perkebunan udang, agar dapat memberikan dampak sosial ekonomi untuk meningkatkan pendapatan. Kemudian, pada Senin 7 Maret 2022 lalu, Pemprov Kalteng dan Pemkab Sukamara juga telah melaksanakan rapat koordinasi pembangunan perkebunan udang Kalteng di Sei Raja Kabupaten Sukamara. Dari rapat koordinasi tersebut, telah dibentuk Tim Teknis dalam percepatan pembangunan shrimp estate di Sukamara. 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments