Barut

Kamis 19 Mei  Pilkades Serantak di 73 Desa di Barito Utara 

MUARA TEWEH - Pelaksanaan pemilihan kepala desa Serentak tahun 2022 di 73 Desa se Kabupaten Barito Utara akan segera dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2022 ini di kecamatan. 

Jumlah Desa se Barito Utara  93 Desa dan sudah melakukan pemilihan gelombang pertama dan 19 desa yang dilaksamakan pada tahum 2019 lalu.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Barito Utara Eveready Noor, di Muara Teweh, Selasa (17/5/2022) mengatakan Pilkades serantak tahun 2022 ini diikuti 249 calon. Calon kepala desa yang telah lulus verifikasi administrasi di panitia pemil-ihan di tingkat desa dan yang dicari calon kepala desa hanya sejumlah 73 orang. 

Menurutnya,  para peserta calon terdiri dari berbagai profesi. Terbanyak dari wiraswas-ta  59 orang. kedua dari profesi petani atau perkebunan 56 orang, ke tiga dari petaha-na  47 orang, dan sisanya dari lain-lain profesi pekerjaan,  termasuk dari anggota badan permusawaratan desa.Untuk laki laki  223 (89,56 persen) dan wanita sebanyak 26 orang (10,44 persen. 

Dari segi pendidikan kata Eveready, calon kepala desa yang berjumlah 249 orang ini terdir SLTP 36 orang, SLTA 173 orang, Diploma 3 (D3) sebanyak 7 (tujuh) orang, Sarjana strata satu (S1) sebanyak 32 orang dan strata dua (S2) sebanyak 1 (satu) orang. 

Dijelaskannya  untuk jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap  sebanyak 44.080 orang, untuk jumlah tempat pemungutan suara sebamyak 130 TPS dan jumlah surat suara sebanyak 46.285 ditambah 5 persen dari DPT. 

Saat ini kata Eveready, untuk pemiih terbanyak masih  pada Kecamatan Teweh Selatan sebanyak 7.959 orang, Teweh Tengah 4.740 orang dan Teweh Baru sebanyak 7.589 orang, sedangkan kecamatan paling sedikit jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT Kecamatan Gunung Purei sebanyak 1.697 orang. 

Menurutnya, tahapan demi tahapan sudah dilalui, termasuk e tahapan kampanye calon kepala desa dari tangal 10-12 Mei 2022 selama 3 hari. Setelah itu masuk lagi ke taha-pan pembagian undangan pemilih, pembuatan TPS dan masa tenang. 

Dengan masuknya waktu kampanye itu diharapkam dapat dimanfaatkan secara baik oleh calon kepala desa untuk menyampikan visi misi nya. Diharapkan juga bagi pemilih untuk mentukan pilihan bukan karena dipaksa tapi memilih berdasarkan visi misi dan kemampuan untuk menjalankan roda pemerintahan desa. 
Panitia tingkat kecamatan dan desa 90 persen sudah siap melaksakan kagiatan dam menyesuaikan dengan jadwal yang ada.

Laporan kesiapan panitia tingkat kecamatan akan disampaikan dalam rapat dengan panitia tingkat Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2022 di ruang rapat setda Barito Utara. 

Pelaksanaan Pikades Serentak ini,  akan dilakukan secara virtual zoom metting kepada seluruh Camat se Barito Utara untuk disampaikan secara langsung pelaksanaan kegiatan kepada Bupati Bariio Utara.

“Pelaksanaan Zoom Metting ini juga akan dihadiri oleh Dinas Sosial PMD Provinsi Kalimantan Tengah, dan kami juga mengundang Kemendagri RI Dirjen Bina Pemerintahan Desa serta PWI Barito Utara,” pungkasnya.

(Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments