P. Raya

Kasi Intel Kasrem Ikut Menghadiri Acara Ramah Tamah Seminar Nasional APTA Tahun 2023

PALANGKA RAYA - Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Bayu Permana diwakili Kasi Intel Kasrem Letkol Inf Asman Mokoginta menghadiri acara Ramah Tamah Bersama Peserta Seminar dan Rapat Tahunan Asosiasi Profesi Teknologi Agroindustri (APTA) Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Universitas Palangka Raya (UPR), bertempat di Aula Jayang Tingang (AJT) Lt. II Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, Rabu (8/11/2023).

Gubernur Provinsi Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Nuryakin mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Kalteng menyambut baik dilaksanakannya Seminar Nasional sekaligus dirangkaikan dengan Rapat Tahunan APTA, yang mengusung tema “Membangun Sinergi dan Kolaborasi Dunia Akademik dan Industri dalam Pengembangan Potensi dan Kompetensi Inti Daerah”.

Melalui kegiatan Seminar Nasional dan Rapat APTA diharapkan nantinya dapat memberikan kontribusi positif, baik berupa rekomendasi maupun terobosan, dalam upaya memajukan sektor pertanian di Indonesia, khususnya di Provinsi Kalteng, sehingga pada akhirnya dapat mengangkat perekonomian daerah dan tentunya kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa Kalteng adalah Provinsi terluas di Indonesia yaitu sekitar 153 ribu Kilometer Persegi lebih luas dibanding Pulau Jawa, dan dikarunia kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) melimpah, mulai dari tambang dan mineral, kehutanan, perkebunan, kelautan dan perikanan, hingga pertanian. Bahkan, Provinsi Kalteng mendapatkan kepercayaan dari Presiden Joko Widodo, untuk pengembangan Program Strategis Nasional Food Estate."

“Keberhasilan Program Food Estate tersebut perlu kerja sama dan sinergi semua pihak, termasuk dukungan dari APTA, yang tentunya akan dapat memberikan energi positif terhadap pengembangan teknologi dan hilirisasi industri pertanian” imbuhnya.

Selain kaya sumber daya alam, Kalteng juga memiliki keindahan alam dan keanekaragaman hayati. Ada 2 Taman Nasional yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Tanjung Puting di Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai konservasi orang utan terbesar di dunia, dan tentu Sebangau di Kota Palangka Raya, hutan rawa besar surga flora dan fauna, dengan pesona sungai hitam yang eksotis.

Pada kesempatan yang sama, Ketua APTA Yuli Wibowo menjelaskan bahwa APTA merupakan organisasi profesi yang memiliki kepedulian dalam bidang ilmu teknologi industri pertanian, yang beranggotakan masyarakat profesi di bidang agroindustri yang sebagian besar para akademisi dan praktisi dari seluruh Indonesia.

“Sejak dibentuknya APTA tahun 2010 di UGM, selanjutnya kita secara rutin megadakan seminar nasional. Hal ini sebagai media bagi kami dan forum diskusi dalam perkembangan keilmuan teknologi agroindustri” jelas Yuli.

“Pada tahun 2023 ini penyelenggaraan seminar APTA bekerjasama dengan Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya” pungkasnya.

Acara Ramah Tamah di hadirkan para  narasumber Plt. Sekretaris Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Tjitjik Sri Tjahjandarie, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Brawijaya Imam Santoso, dan Ceo Pacira Mukhlis Bahrainy, dengan peserta terdiri dari unsur Forkopimda, sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait, dan jajaran Akademisi.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments